Mohon tunggu...
Darno Latif
Darno Latif Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca itu bukan hobi tapi kebutuhan pokok

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bandara Morotai dan Kegiatan MDI

27 November 2022   11:05 Diperbarui: 27 November 2022   11:08 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  Sekitar setahun yang lalu, kala covid 19 masih menghantui negeri ini, banyak aktivitas lumpuh di antaranya kegiatan kajian rutin bulanan yang diisi oleh Ustadz Bisri di Masjid Al-Hijriyah Morotai

Setelah shalat Zhuhur Imam Masjid Al-Hijriyah menyampaikan bahwa ustadz Bisri akan datang mengisi kajian kitab ushulu As-sunnah karya Imam Ahmad rahimahullah. 

Melalui Program yayasan MDI (Multaqa Du'at Indonesia). Pada hari senin setelah shalat zhuhur, kami mempersiapkan diri untuk menjemput di bandara Pitu Morotai. Kajian kitab akan diadakan selama tiga hari.

Dalam perjalanan, kami berbincang-bincang di kursi belakang. Sopir terlihat benar-benar serius mengemudi mobil, ia sesekali berbicara menyambung pembicaraan kami. Dari kejauhan terlihat dua orang tentara AURI berjaga di pintu masuk. Kami membayar dua ribu rupiah lalu lewat memasuki wilayah bandara.

Kami duduk bertiga di ruang tunggu penumpang bandara. Seorang polisi dibelakang yang berada dibelakang kami, ia sedang merokok. Asap rokoknya sangat mengganggu pernapasan kami. Jujur saja, kami sangat terganggu dengan asap rokok bapak tadi. Lalu kami berempat berpindah dari tempat untuk menghindari asap rokok. Tidak lama kemudian terdengarlah pengumuman bahwa pesawat telah tiba dari kota Ternate.

Dari kejauhan ustadz Bisri tersenyum sumringah. Ada perasaan bahagia yang tak dapat diucapkan dengan kata-kata. Kami bisa bertemu lagi dengan Ustadz Bisri Tujang, Lc, M.Hum. beliaulah sosok da'i yang ramah senyum, baik dan santun. Sekitar satu tahun lalu setelah pandemi covid 19 barulah bisa bertemu lagi. 

Beliau adalah salah seorang dosen di Fakultas Hadits di STDI Jember. Beliau sekarang berdomisili di kota Ternate dan sering menyampaikan kuliah via daring kepada mahasiswanya. Dalam kegiatan kali ini beliau difasilitasi oleh MDI (Multaqa Duat Indonesia) selama tiga hari di Morotai. 

Oh...ya bukannya mau membandingkan dengan dai yang lain, tapi beliau bukan dai satu miliar atau dai seratus juta. hehehe. Beliau pantas dijuluki dai gratisan. Perlu diketahui, jam terbang beliau sangat padat. 

Biasanya beliau mengisi kajian di berbagai wilayah di Indonesia. Misalnya : Jakarta, Papua, Manado, Kalimantan, Sumatera, Jawa dan lain-lain. Biasanya juga beliau mengisi di beberapa TV Dakwah. 

Meski terbilang jauh dari tempat kami, beliau mau mengunjungi kami setiap bulan. Bagi panitia cukup dengan mempersiapkan uang transportasi dan jamuan makan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun