Mohon tunggu...
Darno Latif
Darno Latif Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca itu bukan hobi tapi kebutuhan pokok

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Proofreading Buku Solo Perdana

9 November 2022   03:46 Diperbarui: 9 November 2022   03:49 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah. Segala puji bagi Allah subhana wata'ala Tuhan semesta alam. Saya mengikuti tiga puluh kali pertemuan dengan materi yang luar biasa. Materi yang membangkitkan semangat literasi.

Materi yang disampaikan narasumber isinya sangat membantu kami sebagai seorang penulis pemula untuk menyalakan semangat terutama pada materi motivasi. Di antara materi yang sangat berkesan bagi saya adalah materi motivasi. Hanya dengan motivasi dari narasumber membuat saya mampu bertahan menulis sampai sekarang.

Sebagai persyaratan mengikuti kegiatan pelatihan ini, setiap peserta diwajibkan memiliki blog atau yang sejenisnya untuk dijadikan wadah menulis. Setiap materi dirangkum dan dibuat resume. Setiap peserta menyalurkan bakatnya masing-masing. Bagi saya sendiri sangat sulit membuat sebuah puisi. Hingga hari ini, saya dapat merangkai kalimat menjadi sebuah artikel sebanyak tujuh puluh sembilan postingan di blog pribadi saya. Padahal, sebelum saya bergabung tidak ada blog dan tidak ada tulisan sebanyak itu.

Materi yang saya rasakan sangat sulit adalah materi menulis puisi. Untuk menulis sebuah puisi, saya membutuhkan waktu berhari-hari. Selama hampir sebulan, saya hanya mampu membuat tiga buah puisi yang saya sudah kirim ke admin grup WA antologi puisi. Saya bertekad bergabung dalam antologi puisi agar mendapatkan inspirasi menulis sebuah puisi. Selain itu, beberapa buku antologi saya ikuti. Di antaranya adalah buku "The power of Writing dan "Era Merdeka Belajar".

Saya menyadari sepenuhnya bahwa saya memiliki banyak kekurangan dalam tulisan saya. Saya selalu optimis suatu hari nanti saya dapat memperbaiki tulisan-tulisan saya. Saat mengikuti tantangan menulis selama 30 hari dari Doc Jay, banyak keluhan tentang akun kompasiana kawan-kawan yang diblokir. Saya sama sekali tidak khawatir akun Kompasiana saya kalau suatu hari nanti diblokir admin sebab tulisan-tulisan saya, saya sudah posting di blog pribadi. Jadi, seandainya akun Kompasiana saya terblokir, tulisan saya masih aman.

Saat menulis tulisan ini, saya sedang sibuk melakukan proofreading buku solo saya sebagai persyaratan kelulusan pada Pelatihan Belajar Menulis Tim Solid Om Jay Gelombang ke-27 PGRI. Saya sangat berterima kasih kepada mentor saya pak Brian yang membimbing dan membantu saya sehingga dapat menyelesaikan buku solo ini.

Di samping itu, beliau juga bersedia membantu saya menerbitkan buku tersebut pada penerbitan yang terpercaya. Saya telah selesai melakukan proofreading buku tersebut. Saya juga meminta salah satu teman untuk melakukan proofreading berlapis sebelum diserahkan ke penerbit karena boleh dibilang teman saya yang satu ini layak dijuluki polisi bahasa.

Saat dia menyelesaikan jenjang S1-nya, dia memfokuskan pada kajian"Analisis Kesalahan Berbahasa". Beberapa kali saya juga memintanya untuk mengoreksi tulisan-tulisan saya di blog. Beliau sangat santun dalam mengoreksi kesalahan saya. Dari dia juga, saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Menurutnya di antara kesalahan yang terjadi dalam sebuah kalimat, sering kali terdapat kalimat ambigu. Bahagia rasanya saya bisa menyelesaikan buku solo meski baru sampai pada tahap proofreading. Saya menyadari sepenuhnya buku ini masih jauh dari kata sempurna tapi minimal saya telah membuat satu langkah menjadi seorang penulis. Saya tetap berkomitmen bulan ini, buku solo saya masuk dalam proses cetak. Semoga kawan-kawan yang lain bisa menyusul Semoga bermanfaat. #doc jay

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun