Mohon tunggu...
Darin IntanNur
Darin IntanNur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dampak Covid-19 Terhadap UMKM dan Ketenagakerjaan di Kabupaten Malang

25 Oktober 2021   08:31 Diperbarui: 25 Oktober 2021   08:39 117 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Virus corona atau covid-19 adalah suatu penyakit yang menyerang saluran pernafasan diakibatkan oleh coronaviruses (Cov). Virus Covid-19 telah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Adanya covid-19 membuat masyarakat panik dan ketakutan serta menimbulkan banyak korban jiwa. Penyebaran COVID-19 telah berdampak besar pada semua aspek kehidupan masyarakat mulai dari ekonomi, sosial, politik dan budaya. 

Daerah di Indonesia yang terdampak covid-19 salah satunya yaitu Kabupaten Malang. Di Kabupaten Malang sendiri, covid-19 selain menyebabkan korban jiwa juga menyebabkan pertumbuhan ekonomi daerah menurun. Sektor ekonomi yang tidak secara langsung  terdampak covid-19 adalah UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Sebagian masyarakat Kabupaten Malang adalah seorang wirausaha sehingga mereka sangat merasakan dampak akibat covid-19 terhadap usaha mereka.

Dengan adanya covid-19 perekonomian masyarakat menurun sehingga mereka mulai mengurangi daya belinya. Selain itu adanya kebijakan pemerintah pembatasan sosial mengakibatkan masyarakat dilarang keluar rumah dan bepergian jauh. 

Bahkan bahan produksi yang digunakan juga menurun karena diberlakukan pembatasan keluar masuk daerah. Kebijakan pembatasan sosial juga membuat UMKM membatasi jam operasionalnya yang biasanya sampai jam 23.00 WIB saat ini hanya sampai jam 20.00 WIB. Kondisi tersebut  membuat banyak UMKM di Kabupaten Malang memutuskan untuk libur sementara, namun juga terdapat UMKM yang gulung tikar.

Selain sektor UMKM, ketenagakerjaan di Kabupaten Malang juga mengalami dampak yang cukup signifikan. Banyak kantor dan pabrik pabrik yang mengurangi tenaga kerja nya dengan PHK besar besaran. Namun ada pula yang hanya memberhentikan pekerja nya hingga  waktu yang tidak ditentukan. Dengan demikian membuat masyarakat daerah Kabupaten Malang banyak yang kehilangan pekerjaannya dan terpaksa menganggur.

Dapat dikatakan bahwa sektor ekonomi masyarakat Kabupaten Malang seperti UMKM dan juga sektor ketenagakerjaan sangat terdampak pandemi covid-19. Oleh karena itu masyarakat diharuskan memutar otak untuk dapat melanjutkan hidupnya. Salah satu ide masyarakat Kabupaten Malang adalah dengan memanfaatkan tekhnologi internet yang saat ini sedang populer. 

Masyarakat memanfaatkan internet untuk melakukan jual beli online baik berupa makanan, pakaian, maupun barang-barang kebutuhan sehari hari. Dengan adanya internet saat ini sangat membantu kehidupan masyarakat karena selain menambah penghasilan masyarakat juga memudahkan masyarakat dalam kehidupan sehari hari karena tidak harus pergi dari rumah untuk membeli kebutuhan sehari hari. Dengan berbelanja online semua kebutuhan apapun dapat terpenuhi secara mudah serta dapat diantar langsung ke rumah. Selain itu saat ini semua kegiatan dilakukan di rumah, mulai dari kerja dari rumah hingga sekolah dari rumah sehingga internet sangat membantu kegiatan masyarakat.

Dalam mengatasi dampak covid-19 ini pemerintah memberikan bantuan baik berupa uang maupun sembako. Selain itu pemerintah juga memberikan bantuan pelatihan kerja kepada masyarakat yang sedang tidak bekerja melalui aplikasi aplikasi yang dapat diakses di internet, seperti kartu prakerja. Pemerintah juga memberikan bantuan pinjaman modal untuk para UMKM yang terdampak covid-19. Dengan diberlakukannya kebijakan-kebijakan pemerintah diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menghadapi dampak covid-19 saat ini, serta diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat agar dapat kembali normal seperti sedia kala.


..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan