Mohon tunggu...
Lia Wulandari
Lia Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah Mahasiwa yang sedang berkuliah di Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Kelurahan Rejomulyo Ajak UMKM Gunakan Pembiayaan Syariah sebagai Sumber Permodalan

10 Agustus 2022   13:40 Diperbarui: 10 Agustus 2022   13:54 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Source: Dokumentasi Pribadi. Mahasiswa KKN UNDIP saat melakukan Edukasi Pembiayaan Syariah pada UMKM.


Rejomulyo, Semarang (24/07/22) - Mahasiswa KKN Tim II Periode 2022 Universitas Diponegoro, Lia Wulandari Fakultas Ekonomika dan Bisnis telah melaksanakan salah satu program kerja monodisiplin, yaitu Edukasi Pembiayaan Syariah bagi UMKM dan Tata Cara Pengajuan Pembiayaan Syariah berbasis Digital pada tanggal 24 Juli 2022 di Kediaman Ketua UMKM Kelurahan Rejomulyo yang dihadiri oleh pelaku usaha UMKM yang ada di Rejomulyo.

Adanya pandemi Covid-19 yang menjadi pandemi di seluruh dunia telah memberikan dampak yang signifikan pada perekonomian terutama pada sektor UMKM. Ada beberapa rmasalahan yang dialami oleh UMKM juga dijumpai di Kelurahan Rejomulyo seperti yang diungkapkan oleh salah satu pelaku UMKM yang diwawancarai oleh penulis, beliau mengatakan bahwa permasalahan utama yang dialami adalah kurangnya permodalan. "Ketika Pandemi, saya stop produksi, Mbak. Karena waktu itu kan PSBB, tidak ada pesanan masuk jadi pemasukan berkurang. Pas udah mulai ada yang memesan barang lagi, modal sudah habis untuk keperluan pribadi." Ujar salah satu pelaku UMKM yang hadir di saat Pelaksanaan Edukasi berlangsung. Pelaku UMKM mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk mencari tambahan modal untuk mengembangkan bisnis atau untuk memulai produksi kembali. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP mengadakan sosialisasi mengenai Pembiayaan Syariah yang harapannya dapat menjadi jawaban bagi UMKM untuk mengajukan pembiayaan sebagai modal mengembangkan bisnisnya. Selain mengadakan edukasi mengenai Pembiayaan Syariah, mahasiswa KKN UNDIP juga mengadakan pelatihan pengajuan Pembiayaan Syariah berbasis digital.

20220724-164515-3-62f350b508a8b565a869c753.jpg
20220724-164515-3-62f350b508a8b565a869c753.jpg

Source: Dokumentasi Pribadi. Demonstrasi dan Pelatihan pengajuan Pembiayaan Syariah berbasis digital


Dalam pelaksanaan program Monodisiplin tersebut yang diikuti oleh Pelaku UMKM di kelurahan Rejomulyo tidak hanya dijelaskan mengenai pengertian Pembiayaan Syariah dan peran Pembiayaan Syariah saja, akan tetapi juga dijelaskan mengenai Peran UMKM terhadap perekonomian di Indonesia serta dilakukan demonstrasi bagaimana mengajukan Pembiayaan Syariah berbasis digital seperti foto yang terlampir di atas. Dengan diadakannya edukasi mengenai Pembiayaan Syariah pada UMKM diharapkan pelaku UMKM tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan permodalan dan memiliki pengetahuan bahwa ada banyak pintu yang dapat dimanfaatkan bagi UMKM untuk mendapatkan pembiayaan sebagai sumber permodalan sehingga UMKM dapat bangkit dan kembali memberikan kontribusi terbaik bagi perekonomian di Indonesia.

Indikator keberhasilan dari program ini adalah pelaku UMKM dapat menjelaskan apa itu Pembiayaan Syariah, di mana, dan bagaimana cara mengajukan Pembiayaan Syariah berbasis Digital. Pada kegiatan edukasi tersebut Pelaku UMKM berhasil menjawab dan berpartisipasi secara aktif pada sesi tanya jawab dan diskusi interaktif mengenai Pembiayaan Syariah. Ketua UMKM Kelurahan Rejomulyo juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas pengetahuan dan edukasi yang diberikan kepada pelaku UMKM sehingga kedepannya pelaku UMKM dapat memilih Pembiayaan Syariah sebagai jalan untuk mendapatkan permodalan usaha.

Penulis: Lia Wulandari

DPL: Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes.

Lokasi: Rejomulyo, Semarang Timur, Kota Semarang.

#KKNTimIIPeriode2022

#P2KKNUNDIP

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan