Mohon tunggu...
dany putrahermawan
dany putrahermawan Mohon Tunggu... content writer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya content writer professional

Selanjutnya

Tutup

Digital

Bagaimana Perkembangan Ekonomi Digital di Tengah Wabah Covid-19

7 April 2020   16:11 Diperbarui: 6 Mei 2020   20:34 248 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Perkembangan Ekonomi Digital di Tengah Wabah Covid-19
sumber gambar: ajarekonomi.com

Ekonomi Digital membuka cakrawala pebisnis dalam memilih cara untuk menjalankan bisnis. Bagi yang masih belum familiar dengan istilah ini, maka definisi dari ekonomi jenis ini adalah salah satu aspek ekonomi yang menjadikan kemajuan teknologi informasi sebagai hal pokok dalam menjalankan bisnis. Hal ini juga menjadi lebih mudah dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat beberapa kurun waktu belakangan ini, terutama di tengah pandemi covid-19, lalu bagaimanakah jalannya perkembangan ekonomi digital ditengah pandemi corona?

Setiap pelaku usaha akan selalu mengembangkan usaha dan mencari peluang yang ada. Pada saat ini, seluruh negara di dunia menghadapi ancaman wabah Covid-19. Saat ini wabah Covid-19 telah menimbulkan kematian pada banyak masyarakat di dunia, begitu juga dengan Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menanggulangi masalah ini. Mulai dari memberlakukan bekerja dari rumah, sekolah dari rumah hingga larangan bagi masyarakat untuk meninggalkan kediaman mereka.

Dalam keadaan ini, maka sebagian pelaku usaha mengurangi produksi mereka bahkan ada yang tutup karena berkurangnya jumlah pelangga. Sektor usaha yang mengalami kejadian ini contohnya adalah pebisnis yang  menjalankan usaha dengan membuka toko pakaian di pusat pertokoan. Larangan pemerintah untuk tidak keluar rumah menjadikan masyarakat menjadi tidak berkunjung ke toko dan lebih memilih untuk dirumah saja. Hal ini menjadikan pemasukan dari toko yang menyediakan pakaian ini menjadi berkurang. Sehingga ada penjual toko yang memilih untuk menutup toko hingga wabah Covid-19 menghilang.

sumber gambar: medscape.com
sumber gambar: medscape.com

Perkembangan ekonomi digital ditengah pandemi semakin terasa manfaatnya terutama bagi bisnis yang menyediakan produk dan jasa layanan dengan ekonomi jenis ini tidak mengalami hal yang serupa dengan pedagang toko yang menutup dagangan karena tidak banyak pelanggan yang berkunjung ke toko. Hal ini dikarenakan bisnis ini menggunakan kemajuan teknologi dalam menggaet pelanggan. Cukup dengan menggunakan telepon genggam, maka pebisnis dapat berhubungan dengan pelanggan. Contohnya bagi pelanggan yang takut untuk keluar rumah akibat paparan virus Covid-19, maka dapat membeli makanan atau pakaian yang mereka inginkan secara online melalui akses internet.

Penyedia jasa layanan on-demand berbasis aplikasi mobile juga dapat memaksimalkan layanan menghadapi kondisi sekarang ini. Pelanggan dapat melakukan pemesanan terhadap jasa layanan sehingga kebutuhan dari pelanggan menjadi terpenuhi. Salah satu contohnya adalah kebutuhan untuk membersihkan rumah dan kendaraan bermotor. Apabila Anda seorang pekerja kantoran yang saat ini bekerja dari rumah dan memiliki pekerjaan yang menumpuk, maka Anda dapat menggunakan aplikasi pada telepon genggam untuk memesan layanan membersihkan rumah. Salah satu layanan yang sesuai dengan keadaan ini adalah layanan halo auto dari halo jasa. 

Vendor dari aplikasi halo auto akan datang ke rumah Anda setelah pemesanan dilakukan. Dengan begini kebersihan rumah Anda akan tetap terjaga meskipun sedang dilanda kesibukan. Begitu juga dengan kendaraan bermotor. Apabila biasanya Anda membersihkan kendaraan pada tempat yang menyediakan pelayanan ini, namun sekarang tidak bisa keluar rumah, maka pemesanan jasa pencucian kendaraan bermotor secara online merupakan pilihan yang tepat.

sumber gambar: moladin.com
sumber gambar: moladin.com

Hal ini disebabkan karena sekarang telah ada penyedia jasa layanan cuci motor yang dapat datang langsung ke rumah Anda sesuai pesanan. Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan tanpa harus keluar dari rumah.

Ketika wabah Covid-19 masih menjadi ancaman, maka pemerintah menyarankan agar semua masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah. Hal ini akan membuat pelanggan lebih memilih layanan yang dapat datang langsung ke rumah mereka. Hal ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis yang bergerak menggunakan teknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x