Finansial Pilihan

Penyebab Gaji Guru Honorer Minim

12 September 2018   13:23 Diperbarui: 12 September 2018   13:27 837 1 0

Menjadi seorang Guru Honorer bagi sebagian orang menjadi impian mereka. Itu karena profesi seorang Guru bisa di bilang sebagai suatu ibadah atau juga panggilan jiwa, dan pengabdian terhadap negara. Jadi selain kabahagiaan di dunia, jadi Guru juga insyaAlloh akan bahagia di akhirat, dan ada juga yang berpendapat bahwa Guru adalah agen pembelajaran dengan satu pedoman "ikhlas beramal", tentu saja hal ini terlepas dari berapa jumlah nominal gaji yang akan di dapatkan.

Tapi dalam kehidupan tak akan cukup hanya berbekal amalan saja. Tetapi pasti akan membutuhkan materi, itu adalah kenyataan sebenarnya. Dan menjadi guru honorer tentu adalah langkah awal yang harus di lakukan guna menjadi PNS nantinya, walaupun membutuhkan beberapa tahun untuk itu.

Ini sangat jauh berbeda dengan profesi lainnya, semisal di sektor swasta, jika di sektor swasta pada umumnya tidak perlu membutuhkan bertahun-tahun untuk menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan, dan pastinya akan mendapat gaji sesuai dengan beban kerja ataupun jenis bidang pekerjaan yang di jalani.

Karyawan swasta akan mendapat gaji sejak hari pertama kerja dan akan mendapat kenaikan gaji seiring berapa lama masa kerja. Hal ini bisa terjadi karena setiap perusahaan akan minghasilkan sebuah produk yang akan di jual nantinya. Dan uang hasil penjualan produk itulah yang kemudian di berikan kepada semua karyawan yang terlibat dalam proses produksi dalam bentuk gaji  ataupun istilah lainya.

Namun profesi guru tidak seperti swasta. Hal ini dikarenakan setiap sekolah tidak dapat menghasilkan produk yang bisa di jual. Produk satu satunya sekolah adalah berupa lulusan. Jadi uang untuk memberikan gaji pada semua guru itu berasal dari pemerintah dan wali murid. Meskipun ada beberapa sekolah yang menggaji guru Honorer dengan uang BOS(Bantuan Operasional Sekolah). Namun menggaji guru honorer dari uang BOS merupakan suatu kebijakan yang salah, mengingat Dana BOS bukan berfungsi untuk itu. 

Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa memiliki profesi seorang guru honorer tidaklah tepat jika kita kaitkan dengan berapa pendapatan yang akan di peroleh. Dan akan selalu seperti itu