Mohon tunggu...
Dany Fajar Purwanto
Dany Fajar Purwanto Mohon Tunggu... Mahasiswa yang tergantung mood

It's me

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi Pencegahan Covid-19 di RT 06 Desa Padasuka Bandung

30 Juni 2020   23:26 Diperbarui: 30 Juni 2020   23:44 0 0 0 Mohon Tunggu...

Corona virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Sindrom Pernafasan Akut Berat / Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS- COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19).

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar merupakan salah satu program pembelajaran bagi mahasiswa tingkat S1 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berupa bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma perguruan tinggi.

Pelaksanaan program KKN Tematik Pencegahan Covid-19 ini juga merupakan upaya perguruan tinggi dalam membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat terkait pencegahan covid-19. Objek dari KKN Pencegahan Covid-19 ini adalah masyarakat sekitar tempat tinggal mahasiswa.

UPI melalui program KKN Tematik Pencegahan Covid-19 berupaya berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengedukasi masyarakat tentang Covid-19 di lingkungan sekitar tempat tinggal mahasiswa yang sedang mengikuti program KKN Tematik Pencegahan Covid-19.

Dalam pelaksanaannya UPI tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh gugus tugas percepatan penanggulangan covid-19 dengan cara menyusun program KKN Tematik Pencegahan Covid-19 ini secara daring.

Vitalnya data penduduk yang terkait upaya pencegahan Covid-19  ini untuk membantu penyelarasan data yang di dalam upaya pencegahan Covid-19 dan sebagai dasar tindak lanjut program KKN seperti menentukan materi dan perencanaan langkah yang tepat digunakan dalam kegiatan KKN. Program dan kegiatan KKN ini dilakukan dari 18 Mei sampai dengan 14 Juni 2020. 

(1) Program Pendataan penduduk yang terkait dengan upaya pencegahan Covid-19 tingkat RT dan RW

Program wajib yang harus dilakukan oleh seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN ini yakni pendataan yang dilakukan diantaranya struktur usia penduduk, data jumlah penduduk berdasarkan pekerjaan, data jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikan, data kondisi ekonomi masyarakat yang bekerja, data penduduk yang masuk dan keluar dari wilayah, data kondisi ekonomi masyarakat yang pedagang, data kondisi ekonomi masyarakat kurang mampu yang permanen. Semua pendataan tersebut dilakukan di daerah masing-masing peserta KKN covid-19 dari tingkat RT,hingga RW.

 (2) Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat.

Pembuatan media edukasi daring berupa gambar atau video pencegahan Covid-19 bagi masyarakat melalui Media : Whatsapp, Instagram, Youtube. , pembuatan dan penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) pencegahan Covid-19 berupa masker.

Yang dibuat oleh saya, memanfaatkan trend video lucu yang menghibur sebagai media edukasi yang ditujukan pterutama untuk kaum muda via media sosial. Tentu berbeda dengan video edukasi yang banyak beredar. Video bernuansa komedi ini dibuat agar masyarakat dapat teredukasi dengan tidak terlalu paranoid akan wabah ini. Inilah sebagai strategi agar banyak orang menangkap isi dari video ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN