Mohon tunggu...
Danur Wind
Danur Wind Mohon Tunggu... Konsultan Kesehatan

Konsultan holistik di Rumah Terapi Khalifa "Pusat layanan terapi fisik dan psikologis" http://rumahterapikhalifa.com/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pengobatan Psikis Korban Perkosaan dan Kekerasan

27 Mei 2016   10:41 Diperbarui: 29 Mei 2016   12:44 524 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengobatan Psikis Korban Perkosaan dan Kekerasan
kegiatan kreatifitas

Pada minggu belakangan media digemparkan oleh pemberitaan  mengenai perkosaan, kekerasan dan disertai dengan pembunuhan, sungguh sangat membuat kami miris. 

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang penanganan bagi korban perkosaan dan disertai kekerasan, studi kasus berdasarkan pasien yang pernah kami terapi dengan data status sebagai berikut :

klien adalah wanita usia 32 tahun, asal indonesia timur.

Mengalami musibah penculikan, perkosaan dan penyiksaan di usia18 tahun saat yang bersangkutan bekerja menjadi buruh migran di negara A, sedangkan pelaku adalah orang yang dikenalnya,  sesama buruh migran.

Keluarga menceritakan, setelah kejadian tersebut klien dipulangkan ke tanah air dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, mengalami trauma berat baik secara fisik dan psikologis.  secara fisik seluruh tubuh klien banyak luka-luka,  ada luka terbuka, lebam akibat benda tumpul,gigitan bahkan, luka bekas sundutan rokok, tentu tak terbayang lagi luka atau beban mental secara psikologisnya.

Gangguan psikis yang klien dialami : Trauma dan depresi berat, mengurung diri dikamar, phobia gelap, suka berteriak-teriak, agresif, bicara kacau, sulit tidur, takut jika melihat laki-laki, dst.

Sayangnya dikarenakan ketidak-fahaman masyarakat, klien tidak mendapatkan terapi atau pengobatan yang memadai, bahkan hingga 10 tahun setelah kejadian barulah klien dibawa ke tempat kami untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kesalahan umum masyarakat kita dikarenakan ketidak tahuannya dalam pengobatan, keluarga korban perkosaan ini malah membawanya untuk berobat ke pengobatan "alternatif" yang tidak jelas... hasilnya, membuang banyak energi, waktu, serta finansial dan tentu saja membuat korban mengalami "siksaan" batin menjadi lebih panjang.

Pentatalaksanaan untuk korban perkosaan yang mengalami depresi berat atau bahkan menjadi penderita skizofrenia memerlukan penanganan khusus dan   mendalam, seperti yang kami lakukan di panti rehab kami sebagai berikut :


1. Observasi oleh tim dokter ahli jiwa/psikiater.

2. lakukan terapi fisik komplementer untuk mendukung kesehatan jiwanya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x