Mohon tunggu...
Danu Widya Nugroho
Danu Widya Nugroho Mohon Tunggu... PNS
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

https://www.instagram.com/danu_w_nugroho/

Selanjutnya

Tutup

Film

Review Film "The Informer"

22 September 2019   10:04 Diperbarui: 22 September 2019   10:11 660 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Review Film "The Informer"
sumber: warner bros

Film The Informer, sebuah film yang diadaptasi dari novel kejahatan Swedia Three Seconds karya Anders Roslund dan Borge Hellstrom. Film The Informer sendiri adalah film bergenre drama crime-thriller yang tokoh utamanya dimainkan oleh Joel Kinnaman yang memerankan Pete Koslow, mantan narapidana dengan pembebasan bersyarat yang bekerja untuk geng narkoba Polandia tetapi diam-diam memberi informasi kepada agen FBI Wilcox, yang diperankan oleh Rosamund Pike. 

Kesepakatan narkoba besar yang seharusnya menjadi tiketnya untuk sepenuhnya bebas dari jaminan pembebasan berayaratnya terpaksa harus berakhir dalam kekacauan berdarah ketika seorang polisi New York NYPD dibunuh oleh salah satu anggota gangster narkoba, dan sang pimpinan gengster.

Sang Jenderal, memutuskan bahwa dalam penebusan dosa Koslow harus melanggar kondisi pembebasan bersyaratnya dan kembali ke penjara untuk mengawasi distribusi narkoba geng di sana. Wilcox dengan muram memberi tahu Koslow bahwa dia harus mengikuti skema ini: perjalanan mimpi buruk kembali ke penjara - kembali ke perut binatang buas. 

sumber: warner bros
sumber: warner bros

Ini adalah film drama thriller tentang kejahatan yang penuh dengan karakter minor; hampir tidak ada satu inci persegi kulit pun yang tidak tercakup dalam tato penjara yang rumit. 

Rapper dan aktor Common memberikan kinerja yang kuat dan masuk akal sebagai detektif NYPD, Grens, seorang polisi yang menyelidiki pembunuhan sesama perwira dan curiga pada sikap diam-diam dari FBI - terutama atasan Wilcox, Montgomery (yang diperankan oleh Clive Owen) yang lebih mementingkan ego sektoral antar instansi penegak hukum daripada harus berkerjasama. 

Film The Informer mungkin lebih cocok sebagai sebuah drama episodik di film seri televisi tetapi itu kurang dapat ditonton untuk anak-anak, dunianya dipenuhi dengan sinisme dan ketakutan.

Kalau dijadikan dalam bentuk serial, sepertinya bisa lebih bebas mengeksplorasi intrik karakter-karakter di dalamnya dan tidak hanya sekedar numpang lewat. Film ini hanyalah sebuah film tragedi yang terjadi pada seseorang yang dimanfaatkan oleh berbagai pihak, mulai dari pengedar narkoba hingga FBI.

Premis yang ditawarkan adalah mencoba membuat semua pihak yang terlibat tampak jahat, kecuali sang karakter utama karena dijebak oleh berbagai macam pihak. Mau mencoba memberikan cerita yang kompleks, tapi malah terlihat bertele-tele dan terkesan tidak jelas. Film berdurasi 113 menit ini bahkan masih belum jelas mau dibawa ke mana arahnya hingga 3/4 film berjalan. 

sumber: warner bros
sumber: warner bros

Film The Informer diproduseri oleh Wayne Marc Godfrey, James Harris, Robert Jones, dan disutradarai oleh Andrea Di Stefano, yang juga mensutradarai film Eat Pray Love (2010) dan Life of Pi (2012), sekaligus penulis ceritanya yang dibantu oleh Rowan Joffe dan Matt Cook. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x