Mohon tunggu...
Danty Priastarini
Danty Priastarini Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Currently studying Accounting in Solo, and I also write beauty reviews and other stuff that I enjoy writing. Nice to meet you!

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

KKN #DirumahAja dengan Menanam Hidroponik

20 Juli 2020   21:43 Diperbarui: 20 Juli 2020   21:36 1177 2 0 Mohon Tunggu...

COVID-19 menyebabkan bermacam kegiatan yang melibatkan khalayak ramai, terpaksa dibatalkan. Tidak terkecuali kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya dilaksanakan setiap tahun oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tahun ini, UNS melaksanakan KKN secara online atau daring yang dilaksanakan secara individu di wilayah sekitar tempat tinggal mahasiswa KKN.

Danty Priastarini Sabar (21) yang merupakan salah satu peserta KKN Era New Normal Covid-19 melaksanakan kegiatan KKN di Perumahan Saung Gintung, Kelurahan Cireundeu dibawah bimbingan Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T mulai dari tanggal 2 Juni 2020 sampai dengan 17 Juli 2020 lalu.

Dalam pelaksanaannya, Danty memiliki upaya untuk mengisi waktu yang produktif selama di rumah dengan menggalakan urban farming bagi masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah kota dengan cara penanaman Hidroponik. Penanaman hidroponik di wilayah kota sangat cocok bagi masyarakat yang tidak memiliki halaman yang cukup untuk bercocok tanam, karena hidroponik hanya menggunakan air dan nutrisi yang cukup bagi tanaman untuk berkembang. Hal ini juga dapat menekankan kepada gaya hidup sehat dengan selalu mengonsumsi sayur-sayuran selama masa pandemik Covid-19.

Penanaman hidroponik ini dilakukan menggunakan sistem DFT (Deep Flow Technique) yang bekerja menggunakan pompa listrik dengan mengalirkan air nutrisi ke akar tanaman secara terus-menerus. Bak air yang berisi larutan nutrisi hidroponik nantinya akan dialirkan menggunakan pompa air menuju pipa genangan air yang berada dibawah tanaman hidroponik dan kemudian akan dialirkan kembali ke bak air. Proses ini bekerja selama terus menerus selama pompa air dinyalakan. Meskipun begitu, tanaman akan tetap ternutrisi disaat pompa air dalam keadaan mati karena masih terdapat genangan air dibawahnya.

Sumber foto: tertera
Sumber foto: tertera

Pada sistem hidroponik tersebut, Danty menanam kangkung yang hasilnya dibagikan ke warga sekitar. Selain karena tumbuhnya relatif cepat, sebelumnya Danty pernah menanam kangkung secara hidroponik  yang hasilnya lebih segar dibandingan sayuran yang dibeli di supermarket.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Kegiatan KKN ini mendapatkan respon yang positif dari warga sekitar. Beberapa dari warga sekitar juga telah memulai penanaman hidroponik sebagai alternatif dari penanaman menggunakan media tanah. Selain menerapkan penanaman hidroponik secara langsung, Danty juga giat membagikan video tutorial cara menanam hidroponik di grup Whatsapp Warga Saung Gintung.

Program KKN yang dilaksanakan Danty tidak berhenti sampai di penanaman hidroponik, tapi ia juga aktif membagikan informasi ke masyarakat mengenai era new normal yang dimulai bulan Juni 2020 lalu lewat media sosial instagram. Hal ini juga mendapat respon positif dari warganet mengingat pentingnya mengetahui kondisi terkini dari Covid-19 yang terus berkembang informasinya setiap hari.

Lewat media sosial instagram, Danty membagikan video tutorial cara mencuci tangan yang baik dan benar sebagai penerapan PHBS (Program Hidup Bersih Sehat) yang perlu dibiasakan terutama saat hidup di tengah pandemi seperti saat ini.

Meskipun program KKN ini dilakukan secara online, Danty berharap semoga pesan yang dibawa lewat program kerjanya dapat bermanfaat secara langsung bagi masyarakat. Semoga pandemi ini cepat usai agar kita semua dapat kembali hidup normal, ujarnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN