Mohon tunggu...
Danny Prasetyo
Danny Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik ingin berbagi pemikiran kepada sesama

Menulis adalah buah karya dari sebuah ide ataupun pemikiran.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Mau Cepat Kaya? Jangan Berinvestasi

9 Maret 2022   20:10 Diperbarui: 9 Maret 2022   20:15 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Jika ditanya ke anak-anak siapa yang mau jadi orang kaya? Pasti hampir semua dari mereka akan mengangkat tangannya, karena hampir pasti semua orang ingin hidup nyaman, apalagi kalau punya kekayaan yang banyak.

Pertanyaan yang sama tersebut jika diajukan, jangankan kepada anak-anak, bahkan kepada kita saja sebagai orang dewasa pasti memiliki jawaban yang sama dengan anak-anak tersebut. 

Hal ini menunjukkan bahwa menjadi orang kaya itu seperti sebuah "cita-cita wajib" yang dimiliki sebagian besar orang, bahkan sejak masa kanak-kanaknya. 

Apakah keinginan menjadi kaya merupakan hal yang salah? Tentu saja tidak, bahkan menurut penulis itu hal yang wajar dan justru bagus untuk memiliki keinginan tersebut karena bisa memberikan motivasi atau semangat dalam bekerja karena memiliki tujuan.

Lalu kalau begitu, apa yang mau dibahas dalam tulisan kali ini? Apakah ini artikel tentang bagaimana mendapat kekayaan secara instan atau cepat? Atau ini adalah artikel tentang bisnis apa yang dapat menghasilkan kekayaan dengan segera tanpa harus bekerja keras dan modal yang minim?

Alasan penulis membuat artikel ini ialah karena maraknya penipuan oleh orang yang mengatakan bahwa bisa kaya dalam waktu singkat dengan berinvestasi. 

Tentu saja itu bisa jadi membuat para korban penipuan memiliki pemikiran atau mindset yang menganggap semua investasi adalah sama dan bukan cara untuk menjadi kaya.

Ketika ada sebagian orang menjadi korban investasi bodong, maka imej dan makna investasi menjadi terdegradasi. Hal ini karena mereka akan menganggap bahwa investasi tidak dapat membuat orang menjadi kaya, tapi justru membuat mereka menjadi kehilangan uangnya.

Investasi itu adalah proses dan yang namanya proses itu bukan jangka pendek, tetapi jangka panjang. Ibarat kita menanam benih pohon, tentu kita tidak langsung akan memanennya besok atau minggu depan bukan? Bisa jadi malah bulanan atau bahkan tahunan.

Ketika mindset kita bahwa cara ingin cepat menjadi kaya dalam waktu singkat, maka menurut penulis mendingan jangan berinvestasi tetapi lakukan hal lain, yang dalam hal inipun, penulis tidak tahu contohnya karena penulis sendiri juga ingin tahu caranya.

Dengan kata lain, kekayaan yang didapat dengan mudah dan cepat akan cepat berkurang pula, tetapi harta yang dikumpulkan sedikit demi sedikit akan semakin bertambah. Ini merupakan mindset yang penulis sedang pelajari dan seperti juga ada pepatah yang berkata "easy come, easy go"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun