Mohon tunggu...
Danny Prasetyo
Danny Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik ingin berbagi cerita

Menulis adalah buah karya dari sebuah ide

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Bekerjalah karena "Passion" bukan Pensiun

23 September 2021   14:11 Diperbarui: 23 September 2021   15:24 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kalau cari kerja itu yang nanti bisa memberikan uang pensiun, begitu petuah om dan pakde saya dahulu. Tentu bukan tanpa alasan mereka memberikan petuah tersebut, karena memang yang terpenting juga bukan hanya saat bekerja tapi sesudahnya juga perlu dipersiapkan. 

Ketika masih bersekolah dan kuliah tentu dulu saya belum banyak berpikir tentang passion apalagi pensiun, karena kerja saja belum. Akan tetapi, menjelang skripsi barulah biasanya akan mulai muncul pemikiran, pekerjaan apa yang cocok bagi diri sendiri.

 Saat masih kuliah memang saya sempat menyambi bekerja secara paruh waktu, walau akhirnya tidak bertahan lama. Hal ini karena tentu saja tidak mudah menjalani kuliah sambil bekerja pada waktu itu, walau mungkin bagi beberapa orang tidak menjadi masalah.

Ketika selesai ujian skripsipun, sebelum wisuda saya mencoba melamar pekerjaan di beberapa tempat yang memang sesuai dengan keinginan pribadi saya. Bersyukur kemudian saya diterima bekerja di salah satu media massa lokal di kota tempat saya tinggal. 

Perusahaan yang saya masuki saat itu memang baru mulai berdiri dan memang mencari banyak lulusan yang fresh graduates dan memang belum memiliki pengalaman. Ibaratnya, sama-sama merintis baik bagi perusahaan maupun bagi pekerja atau karyawan yang diterima.

Mengapa saya tertarik dengan bekerja di media? Tentu bukan tanpa alasan, karena memang saya memiliki passion dan kesukaan dalam menulis, membaca dan juga bertemu dengan orang. Dengan kata lain, pekerjaan yang saya inginkan ialah bertemu orang dan bukan berada di belakang meja.

Tentu saja, setiap orang bisa berbeda dalam memilih dan menjalani pekerjaan yang diinginkan. Akan tetapi, lebih baik memang jika pekerjaan yang kita jalani merupakan hal yang menjadi kesukaan atau bahkan sesuai dengan passion kita.

Setelah hampir 2 tahun saya menjadi pekerja media, ternyata fisik saya tidak mendukung. Hal ini karena memang sesuai sharing di atas bahwa perusahaan tempat saya bekerja memang baru mulai merintis, sehingga tentu beban pekerjaan lebih berat, ibaratnya membajak dari awal.

Ketika ada tawaran untuk menjadi seorang guru di salah satu sekolah swasta, membuat saya cukup tertarik. Tentu bukan karena saya seorang lulusan pendidikan, tetapi karena passion saya tadi yaitu menulis, membaca dan juga bertemu dengan orang, sehingga sayapun memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion saya tersebut.

Dalam perjalanan setelah bekerja, biasanya kita akan memikirkan bagaimana nanti kalau kita pensiun? Terkadang pertanyaan ini menggelitik diri saya pribadi, karena bekerja saja baru mulai, eh sudah langsung terpikir tentang pensiun.

Mendapat pekerjaan yang memberikan kenyamanan dan kepastian, salah satunya adalah dana pensiun tentu menjadi hal yang ingin didapat setiap orang. Menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil, bagi sebagian besar orang memang merupakan pilihan utama jika ingin mendapat kenyamanan dari uang pensiun nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun