Mohon tunggu...
Danny Prasetyo
Danny Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik ingin berbagi pemikiran kepada sesama

Menulis adalah buah karya dari sebuah ide ataupun pemikiran.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

1000 Tulisan Dimulai dari Tulisan Pertama

17 September 2021   20:05 Diperbarui: 17 September 2021   20:09 108 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
1000 Tulisan Dimulai dari Tulisan Pertama
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mencapai 1000 langkah tentu harus dimulai dari langkah pertama dan mulailah sekarang. Pernyataan ini mungkin pernah kita dengar atau bisa jadi kita ucapkan untuk memotivasi diri dan mungkin juga orang lain. Berhubung ini adalah blog tulis-menulis, maka tentu bukan mencapai 1000 langkah tapi 1000 tulisan.

1000 Tulisan? Begitu mendengarnya mungkin bagi yang baru mulai bergabung dengan blog kompasiana ini tentu hal tersebut bagai mimpi di siang bolong dan bahkan bisa jadi memandang dengan skeptis, lalu mengatakan, apa bisa?

Hal ini bukan berarti mereka yang baru bergabung tidak bisa mencapainya, karena ada beberapa penulis kompasiana juga yang baru setahun bergabung, tapi sudah menelurkan ratusan tulisan. Ini juga menjadi suatu motivasi tersendiri bagi para penulis kompasiana yang baru, karena bukan dari lamanya waktu bergabung tetapi seberapa konsisten dan komitmen kita dalam menelurkan setiap tulisan.

1000 tulisan bagi mereka yang memang memiliki passion dalam menulis dan berkomitmen untuk rutin menelurkan tulisan ternyata hal tersebut bukan impian tapi sebuah realita, karena mereka telah mencapainya. Penulis tentu sangat mengapresiasi rekan-rekan penulis kompasiana baik yang lama maupun yang baru bergabung, tetapi sudah bisa mencapai 1000 tulisan tersebut.

1000 tulisan bisa saja menjadi target dan juga tantangan tersendiri bagi penulis untuk mencapainya. Meski penulis sudah bergabung cukup lama di kompasiana, akan tetapi bukan berarti hal tersebut mudah untuk dicapai.

Komitmen untuk tetap menulis dalam kondisi apapun dan tidak bergantung pada mood, sering menjadi penghalang bagi penulis untuk merealisasikan sebuah tulisan. Meski tidak dipungkiri, seringkali kesibukan pekerjaan ataupun kegiatan lainnya juga kerap menjadi alasan untuk tidak menelurkan sebuah tulisan.

1000 tulisan, mungkinkah untuk dicapai? Tentu hal tersebut mungkin saja untuk dicapai, karena menulis sejatinya bukan sesuatu yang sulit bagi setiap kita. Sulit membuat tulisan yang bermutu, tentu ini yang seringkali menjadi alasan utama seseorang untuk tidak mau menulis. 

Ketika kita membaca sebenarnya kita juga memiliki bahan untuk membuat tulisan minimal dari apa yang kita baca ataupun yang kita lihat. Tentu mengawalinya tidak mudah karena yang dibutuhkan untuk awalnya bukanlah ide tetapi kemauan dan niat untuk menulis.

Hal inilah yang penulis alami ketika di awal bergabung dengan kompasiana. Ada perasaaan tidak percaya diri dan tidak yakin dengan tulisan hasil karya sendiri, padahal sebenarnya yang penulis khawatirkan ialah respon atau tanggapan orang lain terhadap tulisan yang dibuat.

Seiring perjalanan waktu, ternyata menulis itu menjadi sebuah kesukaan bahkan juga seperti terapi bagi penulis. Maksudnya ialah penulis seringkali menelurkan banyak ide tulisan ketika justru saat jengkel melihat sesuatu atau menghadapi banyak tekanan pekerjaan. 

Meski demikian, bukan berarti dalam kondisi nyaman penulis tidak bisa menghasilkan sebuah tulisan. Hal ini sebenarnya ingin menjelaskan bahwa menulis itu bukan ditentukan dari apa kata orang atau pendapat pembaca, tetapi apa yang menjadi ide dan pemikiran dari diri kita sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan