Mohon tunggu...
Danny Prasetyo
Danny Prasetyo Mohon Tunggu... Seorang pendidik ingin berbagi pemikiran kepada sesama

Menulis adalah buah karya dari sebuah ide ataupun pemikiran.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Merawat Toleransi di Saat Pandemi

24 Mei 2020   11:36 Diperbarui: 24 Mei 2020   11:34 37 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merawat Toleransi di Saat Pandemi
dok.pri

Sore menjelang malam tadi, salah seorang tetangga kami datang ke rumah dengan membawa hidangan ketupat dan lauk pauknya. Tentu rasa terkejut dan bersyukur karena mendapat kiriman dari tetangga kami yang merayakan Hari Raya Lebaran (pas juga kebetulan istri belum masak hehehe).

Meski kami berbeda kepercayaan, namun terasa sekali di wilayah tempat kami tinggal toleransi masih sangat terasa dan saling menghargai dalam kehidupan bermasyarakat. 

Bagi tetangga yang mengirimkan makanan kepada kami, tentu dia hanya ingin berbagi berkat dan bagi kami ini juga sebuah bentuk bagaimana toleransi itu masih terawat dengan baik.

Di rumah kami memang ada pohon salam yang cukup besar dan ternyata beberapa tetangga kami sering ijin meminta daun pohon salam untuk memasak. 

Tentu saja kami persilahkan, bahkan kami ambilkan agak banyak supaya dia bisa menggunakannya untuk masakan yang lain. Tanpa sadar ternyata keberadaan pohon salam tersebut juga bisa jadi berkat bagi tetangga sekitar kami. 

Merawat keberagaman ternyata bisa dimulai dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Kisah pohon salam maupun juga ketupat Lebaran yang kami terima tersebut menjadi salah satu contoh bahwa di masa pandemi saat inipun masyarakat masih saling memperhatikan satu sama lain.

Toleransi akan menjadi kata yang "hidup dan bermakna" tidak hanya sebatas kata jika ini dipraktekkan dalam kehidupan bermasyarakat.  Bukankah masyarakat Indonesia dikenal dengan sifat saling menghargai dan toleransinya? Tentu harapan saya secara pribadi hal ini menjadi pondasi kekuatan bangsa Indonesia khususnya dalam menghadapi pandemi saat ini. 

Mari terus rawat toleransi dan saling menghargai sesama tanpa memandang suku, ras atau agama. 

Selamat Idul Fitri bagi kompasianer yang merayakan.

24 Mei 2020

-dny-

VIDEO PILIHAN