Mohon tunggu...
Danny Prasetyo
Danny Prasetyo Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik ingin berbagi cerita

Menulis adalah buah karya dari sebuah ide

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Jangan Tunda, Segera Ambil Laptopmu!

28 April 2021   11:01 Diperbarui: 28 April 2021   12:21 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Judul tersebut kelihatannya seperti sebuah perintah yang mungkin membuat kita menjadi bertanya memangnya ada apa harus mengambil laptop? Hal ini sebenarnya berkaitan dengan belajar untuk tidak menunda apa yang ingin kita lakukan. Ketika muncul ide atau inspirasi dari tulisan orang lain yang kita baca dan itu juga sesuai dengan yang kita rasakan, lalu kita ingin membuat artikel tapi kemudian kita malas atau menunda melakukannya dengan berbagai alasan yang sebenarnya kita juga sudah punya jawabannya.

Menunda dan tidak bersegera menuangkan ide menjadi tulisan merupakan kelemahan yang masih saya miliki dan bisa jadi hal tersebut bukan hal yang baik untuk dijadikan kebiasaan. Selain itu, seperti komitmen saya di awal tahun 2021 ini sebagai tahun "kembali ke habitat menulis " maka menunda justru akan membuat saya tidak dapat menepati komitmen tersebut. Tentu saja dalam menjalaninya bukan suatu proses yang menyenangkan karena biar bagaimanapun ada rasa tidak tenang jika menunda membuat artikel.

Seperti dalam artikel saya sebelumnya bahwa menulis itu sebuah perjalanan, maka untuk menulis kadang harus jeda tapi juga jangan menunda karena untuk kembali memulainya lagi ternyata butuh waktu lagi. Hal inilah yang saya alami, ketika sempat "jeda" menulis terlalu lama sampai beberapa tahun, sampai kemudian memulai aktif kembali sejak tahun 2020 lalu hingga saat ini, padahal saya sudah sejak 2011 mulai menulis di kompasiana ini. 

Komitmen untuk terus menghasilkan tulisan memang sangat diperlukan agar kita juga tidak menunda draf tulisan yang mungkin sudah kita buat. Tentu tidak semudah mengatakan "saya akan berkomitmen menulis" lalu kita bisa mempraktekkannya dengan lancar. Pasti juga ada gannguan atau hambatan, namun jika kita mau setia dengan komitmen kita maka hal itu akan dapat diatasi.

Judul yang saya tuliskan ini juga sebenarnya adalah teguran buat diri sendiri karena sering menunda untuk segera menuangkan ide yang sudah bersliweran dalam kepala saya. Biasanya jika tidak segera "dieksekusi" menjadi sebuah tulisan maka ide tersebut akan menguap begitu saja. Kalaupun saya tidak bisa langsung menuliskannya karena biasanya ide muncul di saat-saat yang tidak kita duga, maka saya akan mengambil handphone saya dan menuliskan dalam note atau reminder agar saya tidak lupa.

Mungkin ada yang berkata, "wah kalau menulis butuh tempat yang tenang, butuh merenungkan ide dulu, atau mencari data-data yang diperlukan dulu, baru nanti saya akan menuliskannya." Tentu pernyataan tersebut tidak salah dan memang itu bisa menghasilkan tulisan yang baik dan bagus. Akan tetapi, jika kemudian kita mendapat ide, lalu menunggu dulu untuk melakukan hal-hal seperti itu, maka ujung-ujungnya bisa jadi ide tersebut tidak menjadi sebuah tulisan (ini pengalaman saya pribadi, semoga jangan ditiru).

Dari hal-hal seperti di atas inilah muncul ide tulisan ini yaitu tidak menunda tapi segera ambil laptopmu dan kembali menuangkan ide atau pemikiran yang dimiliki menjadi sebuah tulisan. Semoga saja tulisan ringan yang berasal dari pengalaman pribadi ini, bisa jadi motivasi bagi rekan-rekan kompasianers untuk kembali lagi menulis dan tetap semangat menikmati hasil karya tulisan kita.

Oleh karenanya, jangan tunda, segera ambil laptopmu !

28 April 2021

-dny

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun