Mohon tunggu...
Danny Halim
Danny Halim Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Ilmu Komunikasi

Always Learn Something New

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perbedaan akibat Persepsi dan Budaya

25 September 2020   20:43 Diperbarui: 30 September 2020   00:21 76 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan akibat Persepsi dan Budaya
whatsapp-image-2020-09-25-at-16-17-36-5f736bf7097f3652fa45c482.jpeg

Gambar di atas tentu memiliki lebih dari satu makna di mana tergantung dari orang - orang yang menilai gambar tersebut. Pada saat melihat gambar di atas, apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran kalian? Secara umum, beberapa dari pendapat yang terpapar setelah melihat gambar tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pakaian yang digunakan oleh wanita tersebut terlihat menawan dan menarik.
  • Wanita tersebut pasti berasal dari keluarga yang kaya, dikarenakan pakaian yang digunakan terlihat berbeda dengan orang pada umumnya.
  • Pakaian yang digunakan oleh wanita tersebut terlihat tidak sopan dan tidak beretika serta kemungkinan besar wanita tersebut merupakan wanita nakal atau wanita malam.

Hal - hal yang terlintas dalam pikiran kalian kemungkinan sama seperti pendapat yang telah tertera di atas, di mana pendapat tersebut merupakan hasil dari persepsi yang telah kalian bangun dari sudut pandang yang berbeda -beda. Pendapat pertama, apabila dicerna dengan baik, tentu orang tersebut sudah terbiasa dengan budaya barat dan cenderung berasal dari perkotaan, dikarenakan orang Indonesia yang berasal dari perkotaan seperti Jakarta, mulai mencampur budaya mereka dengan budaya asing/barat.

Melihat pendapat kedua, orang tersebut menilai gambar di atas dari aspek ekonomi, karena biasanya orang Indonesia yang perekonomiannya rendah tidak akan menggunakan pakaian yang terbuka dan orang yang perekonomian tinggi tentu lebih sering jalan - jalan ke luar negeri, sehingga pandangan dia terhadap dunia lebih luas dan juga mulai mengikuti trend luar.

Kemudian, pendapat ketiga, apabila diulas dengan teliti dapat dilihat bahwa orang yang berpendapat serupa, kemungkinan besar berasal dari perdesaan atau jauh dari perkotaan, karena orang - orang Indonesia yang tidak berada di wilayah perkotaan cenderung masih kental dengan budaya timur, di mana budaya mereka lebih mengutamakan etika moral.

Pendapat yang tertuang dari persepsi orang - orang setelah melihat gambar di atas, tidak dapat disalahkan ataupun dibenarkan karena dalam buku Samovar, Porter & McDaniel (2014, h. 221) persepsi merupakan "suatu cara untuk membuat dunia fisik dan sosial anda menjadi masuk akal". Dari definisi itu, dapat dikatakan setiap orang memiliki cara yang berbeda - beda supaya segala peristiwa yang terjadi di dunia menjadi masuk akal, yang mana menyebabkan pemaknaaan setiap orang berbeda - beda.

Selain itu, persepsi juga melibatkan kognisi individu dalam mengolah sebuah proses peristiwa, sehingga menjadi sebuah pengalaman yang akan berguna dalam mempersepsi sesuatu. Pengalaman yang terbentuk itu sebagian besar berasal dari budaya, di mana budaya ini berperan untuk memahami dunia yang begitu luas. 

Oleh karena itu, dapat dikatakan "persepsi merupakan suatu hal yang ditentukan oleh budaya". Persepsi yang tertanam dalam manusia berbentuk kepercayaan dan nilai, sehingga dapat dipelajari (Samovar, Porter & McDaniel, 2014, h. 222-224). Dengan demikian, persepsi orang - orang terhadap gambar perempuan tersebut, merupakan kepercayaan dan nilai yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya dan pengalaman mereka masing - masing, seperti yang telah diulas di atas.

Daftar Pustaka:
Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2014). Komunikasi Lintas Budaya (edisi ke-7). Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x