Mohon tunggu...
Daniswara Indera Rakasiwi
Daniswara Indera Rakasiwi Mohon Tunggu... Profil Umum

Mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kegiatan KKN Rekognisi Covid-19 UNS 2020 di Kota Madiun

7 Agustus 2020   20:28 Diperbarui: 7 Agustus 2020   22:47 54 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan KKN Rekognisi Covid-19 UNS 2020 di Kota Madiun
Dok. pribadi

Madiun- Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia terus berlangsung hingga 7 bulan lamanya. Hal ini ditengarai terjadi karena masih banyak masyarakat yang belum patuh dengan protokol-protokol kesehatan yang ada saat mereka berpergian keluar untuk bersosialisasi atau berbelanja mencukupi kebutuhannya. Oleh karena itu, melalui program KKN Rekognisi COVID-19 UNS 2020, saya berinisiatif untuk melakukan kegiatan seperti penyuluhan dan edukasi, yang berupa video pendek tentang himbauan dan petunjuk untuk bersosialisasi yang benar dan baik agar tidak tertular virus COVID-19.

Program KKN Rekognisi UNS ini berisi tentang penyuluhan melalui video pendek dan animasi tersebut, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tadi. Selain itu, juga dilaksanakan program pembagian masker agar masyarakat dapat melindungi diri dari virus yang ada, terutama di lingkungan sekitar lingkungan RT saya di RT 32 RW 1, Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Adapun rincian kegiatan yang saya lakukan dalam masa KKN COVID-19 ini antara lain:

  • Sosialisasi melalui video yang dikirim di media sosial RT
    •    Ada 4 video yang dikirimkan, yang pertama adalah tentang penggunaan, jenis serta kelebihan dan kekurangan masker yang beredar. Yang kedua adalah tentang bagaimana melakukan cuci tangan yang baik dan benar, yang ketiga adalah bagaimana melakukan social distancing dan perlengkapan apa saja yang perlu dibawa atau dipakai, dan terakhir adalah bagaimana mengatasi kebosanan saat berada di rumah pada masa pandemi ini. Warga cukup merasa senang dengan video yang ditampilkan tersebut.
  • Sosialisasi melalui poster digital yang dikirim melalui media sosial RT
    • Selain video, juga diberikan poster digital yang merupakan informasi tambahan dari video yang sudah diberikan sebelumnya. Selain itu, poster digital juga bisa digunakan sebagai catatan kecil/pengigat untuk selalu melindungi diri dari virus corona ini.
  • Pembagian masker
    • Masker dibagi-bagikan kepada warga sekitar dan juga pada guru-guru taman kanak-kanak di daerah sekitar agar mereka mempunyai pencegahan dari penularan virus corona. Warga dan guru-guru TK tampak antusias dan senang dari pembagian masker tersebut.

Demikian laporan yang bisa saya berikan, untuk kedepannya saya berharap kegiatan KKN ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya pandemi ini.

Daniswara Indera Rakasiwi
F0217026

Pembimbing KKN

Dr. Izza Mafruhah, SE, M.Si.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x