Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary people

Homo sapiens Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Andries Noppert, Sempat Tak Punya Klub Kini Jadi Andalan Belanda di Piala Dunia 2022

4 Desember 2022   10:38 Diperbarui: 6 Desember 2022   03:06 1458
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penjaga gawang timnas Belanda, dari tak punya klub jadi andalan Belanda di Piala Dunia 2022. Sumber: KompasTV

Nama kiper Belanda Andries Noppert tentu asing di telinga pecinta sepak bola. Noppert bukanlah kiper tenar seperti Edwin Van Der Saar atau Tim Krul. Ia kini membela klub Heerenveen di Liga Belanda. Meski asing, kini ia menjadi salah satu pilar utama Belanda pada Piala Dunia 2022.

Belanda menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 3-2. Dengan kemenangan ini, anak asuhan Louis Van Gaal itu akan bersua Argentina. 

Beberapa pemain kunci Belanda pada laga itu bermain menonjol. Sebut saja pemain muda mereka Gakpo, Frenkie de Jong yang stabil di lini tengah hingga Denzel Dumfries dan Daley Blind yang mencetak gol dan assist. 

Selain pemain di atas, lini pertahanan Belanda yang dikawal Virgil van Dijk itu cukup kokoh. Belanda baru kebobolan dua gol di Piala Dunia kali ini dan sudah mencatatkan dua kali clean sheet.

Pemain lain yang tak kalah penting adalah sang kiper Andries Noppert yang tampil gemilang. Tercatat Noppert beberapa kali melakukan save penting. Misalnya peluang Christian Pulisic pada menit ke-6 dan beberapa peluang emas Amerika yang lain. 

Konsistensi Andries Noppert tidak hanya saat laga melawan Amerika Serikat kemarin. Tapi, pada laga pembuka kontra Senegal ia tampil gemilang. Pada laga itu ia sukses menjaga gawang Belanda tanpa kebobolan. 

Meski menjadi pemain yang tidak pernah tergantikan pada Piala Dunia 2022, siapa sangka perjalanan karier Noppert tak semulus yang dikira. Ia hampir pensiun di usia muda karena sempat tidak memiliki klub hampir dua tahun. 

Karier yang tak mulus

Andries Noppert mengawali karier sepak bolanya di akademi Heerenveen. Hampir sepuluh tahun di akademi itu, Noppert tidak pernah promosi ke tim senior karena dianggap tidak bisa bersaing. 

Karier yang tak mulus itu membuat Noppert mencoba mengadu nasib pada klub lain yakni NAC Breda pada tahun 2014. Namun, lagi-lagi Noppert sulit menembus skuat utama. 

Selama 3,5 tahun membela NAC Breda, ia hanya menjadi kiper pelapis dengan hanya mencatatkan 7 penampilan saja di tim utama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun