Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary people

Homo sapiens Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menilik Peluang Tim Asia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

29 November 2022   07:52 Diperbarui: 29 November 2022   07:57 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim-tim Asia masih memiliki kans untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. | Sumber: kompas.com

Babak penyisihan grup Piala Dunia sudah memasuki babak akhir. Setidaknya ada tiga tim yang dipastikan lolos langsung ke fase gugur alias babak 16 besar. 

Ketiga tim itu ialah juara bertahan Prancis, Brasil, dan Portugal. Ketiga tim itu sudah meraih dua kali kemenangan dan mengantongi 6 poin. 

Poin tersebut cukup untuk mengamankan satu tiket babak 16 besar. Selain itu, tim Asia juga masih memiliki kans untuk lolos. Sayangnya tim Asia yang seharusnya lolos pekan lalu harus tertunda karena kalah pada laga kedua. 

Lalu bagaimana peluang tim Asia lolos ke babak 16 besar? Berikut ulasannya. 

Iran

Iran yang berada di grup B memiliki kans lolos yang cukup besar. Meski pada laga perdana harus dibantai Inggris 6-2, akan tetapi pada laga kedua Iran berhasil unggul atas Wales dengan skor 2-0.

Di laga terakhir, Iran akan bersua Amerika Serikat. Tentu duel ini bukan sembarang duel. Dalam situasi perpolitikan kedua negara ini tak akur. Apalagi sebelum laga Iran protes pada FIFA. 

Hal itu menyusul ulah Amerika yang mengubah bendera negara mereka. Iran hanya butuh hasil imbang dan berharap Wales kalah atau imbang dari Inggris. Dengan begitu Iran bisa lolos ke babak 16 besar. 

Meski begitu, kemenangan menjadi harga mati bagi Iran untuk tetap bisa lolos. Jika menang maka kans lolos jauh lebih besar dan tentu tidak akan bergantung pada tim lain. 

Di sisi lain, Amerika Serikat yang baru mengoleksi 2 poin juga masih bisa lolos. Tentu syaratnya adalah dengan meraih kemenangan atas Iran. Baik Iran dan Amerika, laga nanti akan menjadi penentu bagi kedua negara untuk maju ke fase gugur atau tidak. 

Dari sisi head to head, Iran masih unggul atas Amerika dengan meraih satu kali kemenangan dan satu kali imbang. Meski begitu, Iran tengah dalam kondisi percaya diri usai menang atas Wales pada laga terakhir mereka. 

Arab Saudi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun