Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary people

Homo sapiens Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kemenangan Jepang Atas Jerman di Anime Captain Tsubasa Jadi Kenyataan

24 November 2022   10:24 Diperbarui: 24 November 2022   10:32 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jepang berhasil meraih kemenangan pemting saat berjumpa Jerman. | Sumber: kompas.com

Piala Dunia Qatar memang penuh dengan kejutan. Dalam waktu yang berdekatan, dua calon juara favorit yakni Argentina dan Jerman kalah dari tim asia yakni Arab Saudi dan Jepang. Kejadian tersebut jarang terjadi.

Jepang kembali membuat luka pada Jerman setelah pada Piala Dunia 2018 lalu kalah oleh Korea Selatan, untuk kedua kalinya Jerman kembali kalah dari tim Asia Timur itu. 

Padahal Jerman unggul lebih dulu lewat tendangan penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-38. Akan tetapi, mimpi buruk Jerman dimulai pada 15 menit terakhir. 

Dua pemain pengganti Jepang yakni Ritsu Doan dan Takuma Asano berhasil bawa Jepang berbalik unggul pada menit ke-75 dan menit ke-83. Hingga laga usai, skor tidak berubah untuk keunggulan Samurai Biru. 

Kemanangan ini tentu bersejarah bagi Jepang karena tim yang dikalahkan adalah favorit juara. Meski begitu, ada satu hal yang unik dalam pertandingan tersebut. 

Apa yang terjadi di atas pernah menjadi alur cerita Captain Tsubasa. Kala itu Jepang dan Jerman bertemu pada partai final.  Sama seperti Piala Dunia kemarin, Jerman justru memimpin lebih dulu. 

Sampai akhirnya aksi salto Tsubasa Ozora mampu membawa kemenangan untuk Jepang dan skor akhir menjadi 2-1. Tentu apa yang ada di anime benar-benar terjadi di dunia nyata. 

Nah nyatanya Captain Tsubasa disebut-sebut telah mengenalkan sepak bola pada anak-anak di Jepang sana. Sepak bola bukan olahraga populer di sana melainkan basball.

Akan tetapi berkat anime Captain Tsubasa sepak bola mulai dikenal di Jepang. Lalu seperti apa Captain Tsubasa membangun sepak bola di Jepang? Apakah memang benar adanya? 

Virus Captain Tsubasa

Captain Tsubasa merupakan anime yang membahas sepak bola. Nah saat ini masih ada anime lain bertema sama yakni Blue Lock. Akan tetapi Captain Tsubasa jauh muncul lebih dulu daripada Blue Lock. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun