Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary people

Homo sapiens Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

FIFA Buka Suara, Indonesia Terancam Sanksi hingga Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20?

3 Oktober 2022   09:09 Diperbarui: 3 Oktober 2022   09:25 180 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana di area Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, seusai kericuhan penonton yang terjadi seusai laga pekan ke-11 Liga 1. | Sumber: kompas.com

Mata pecinta sepak bola di penjuru dunia tertuju pada Indonesia saat ini. Hal itu tidak lepas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan nyawa. 

Sepak bola yang sejatinya hiburan justru berakhir menjadi bencana kemanusiaan. Korban meliputi berbagai kalangan mulai dari aparat hingga balita tak berdosa.

Kejadian itu memantik banyak simpati dari seluruh klub di dunia. Klub-klub raksasa Eropa seperti Bayern Munchen, FC Barcelona, Arsenal, Machester City, dan lain-lain turut menyampaikan simpati.

Liga Spanyol bahkan melakukan mengheningkan cipta selama satu menit sebagai bentuk dukungan moral. Di luar itu, PSSI selaku federasi sepak bola tanah air memutuskan untuk menanguhkan Liga 1 hingga waktu yang belum ditentukan.

Tragedi Kanjuruhan juga memantik perhatian Presiden Joko Widodo. Jokowi memerintahkan agar Liga 1 diberhentikan sementara sampai evaluasi kasus ini dilakukan secara menyeluruh.

Jika apa yang diperintahkan Jokowi di atas dibaca sebagai bentuk intervensi oleh FIFA, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan kembali mendapat sanksi dari FIFA.

Akan tetapi berhenti sejenak dan berbenah diri adalah jalan terbaik untuk saat ini. Kemanusiaan di atas segalanya. Tidak ada yang lebih mahal daripada kehidupan orang lain.

Respon FIFA

FIFA selaku federasi sepak bola dunia tentu tidak tinggal diam. Dalam rilis resminya, FIFA menyebut tragedi di Kanjuruhan adalah hari yang gelap bagi sepak bola dunia.

"Tragedi menyedihkan ini menjadi hari-hari yang gelap bagi semua yang terlibat dalam sepakbola. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam untuk keluarga serta teman-teman para korban yang meninggal dunia," ujar Infantino (CNN Indonesia)

FIFA kemudian menegaskan akan bersama rakyat Indonesia menghadapi kasus ini. FIFA memberi dukungan pada Indonesia untuk bisa melewati masa-masa sulit ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan