Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary people

Homo sapiens Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Child Grooming, Gerbang Awal Kekerasan Seksual pada Anak

30 September 2022   10:13 Diperbarui: 30 September 2022   10:32 184 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kekerasan seksual pada anak. | Sumber: Shutterstock via kompas.com

Nama aktor Kris Hatta mendadak jadi perbincangan warganet twitter. Pasalnya ia dituduh sebagai pedofil karena telah memacari anak berusia 14 tahun. Kris sendiri berusia 34 tahun sehingga jarak umur yang jomplang itu menjadi tanda tanya warganet.

Dalam satu cuplikan video infotaiment, Kris membeberkan alasannya mengapa ia memacari anak di bawah umur. Ia menyebut usia seperti itu masih mudah diarahkan asal jangan menyakiti hatinya.

Lain lagi jika Kris memacari anak usia 23 tahun ke atas yang sudah kenyang dengan masalah cinta. Kris menyebut sulit untuk mengarahkan alias mendirect-nya.

Lebih mirisnya lagi, dalam wawancara itu Kris memang tidak menyebut nama sang pacar. Tapi dalam video itu ditampilkan wajah dan beberapa foto Kris dengan sang pacar.

Selain itu, Kris juga menyebut akan menikahi pacar ketika ia sudah lulus SMA. Kris bahkan mengklaim telah mendapat restu dari ibu sang pacar.

Perbedaan umur 20 tahun memang bukan hal aneh. Tapi, hal itu jika kedua pihak sudah dewasa. Berbeda dengan Kris, salah satu pihak masih berusia 14 tahun alias masih remaja. Kris yang sudah berusia 34 tahun tentu jauh lebih dewasa jadinya motif Kris memacari pacar dipertanyakan publik.

Mirisnya lagi beberapa media justru meng-glorifikasi perbuatan Kris dengan membuat headline berita yang tak pantas. Misalnya berita dengan judul "meski masih 14 tahun, pacar Kris sudah bersikap dewasa."

Pemberitaan media seperti itu seakan-akan mendukung perilaku Kris yang dikecam oleh banyak kalangan. Apa yang dilakukan oleh Kris masuk ke dalam child grooming yang biasanya menjadi pintu awal kekerasan seksual pada anak.

Child grooming

Modus kekerasan seksual pada anak mulai beragam. Salah satunya adalah child grooming. Child grooming adalah upaya memanipulasi korban dengan jalan membangun hubungan emosional dengan korban atau keluarga.

Sekilas kita sering terkecoh karena child grooming umumnya seperi hubungan anak dengan orang dewasa. Dalam artikel Darkness of Light End Child Sexual Abuse, biasanya pelaku child grooming adalah orang terkenal atau berpengaruh di masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan