Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Biasa aja

Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mengenal Istilah Microsleep, Salah Satu Penyebab Kecelakan Saat Berkendara

6 November 2021   05:46 Diperbarui: 6 November 2021   09:02 1002 34 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi microsleep saat mengemudi. Sumber: Kompas.com

Meninggalnya Vanessa Angel dan suami dalam kecelakaan tunggal tentu membuat kita tersentak. Berita duka itu begitu mengejutkan jagat dunia hiburan tanah air. 

Selain itu, beberapa jam sebelum terjadi kecelakaan, Vanesha sempat memposting snapgram di instagram pribadinya. Semuanya terlihat baik-baik saja. Tapi, manusia tidak bisa mengintervensi umur seseorang pada Tuhan. 

Dari kejadian itu, ada pelajaran yang bisa kita petik. Khususnya dalam berkendara. Menurut beberapa informasi yang saya baca, supir Vanesha disebut mengantuk saat berkendara. 

Ketika hendak pergi ke suatu tempat apalagi memakai kendaraan pribadi, tentu kita harus mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Mulai dari kondisi kendaraan yang layak hingga kondisi tubuh kita. 

Kedua aspek itu perlu kita perhatikan agar kita sampai pada tempat yang dituju. Jika dua aspek itu tak terpenuhi, tak jarang sesuatu yang tidak kita inginkan justru terjadi. 

Oleh karena itu, ketika akan bepergian jauh memakai kendaraan pribadi harus siap dengan dua aspek di atas. Selain kondisi kendaraan, kelalaian pengendara menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan.

Di luar masalah teknis, microsleep disinyalir menjadi penyebab terjadinya kecelakaan saat berkendara, semua orang tentu pernah mengalami microsleep. Namun, microsleep berbahaya apabila terjadi saat berkendara. 

Sekilas tentang Microsleep

Microsleep adalah kondisi di mana kita kehilangan kesadaran atau perhatian karena mengantuk. Kondisi itu membuat kita tiba-tiba tertidur dalam waktu satu detik hingga dua menit. Sederhananya "ketiduran."

Microsleep tidak sama dengan tidur pada umumnya. Hal itu karena waktu tidur yang singkat. Namun, saat bangun tubuh kita justru merasa lebih segar. Saat microsleep, biasanya kita tidak akan meningat sesuatu sebelumnya karena kita sudah masuk kondisi tidur.

Selain itu, microsleep juga bisa terjadi dengan mata terbuka dan tatapan kosong. Tak hanya itu, ciri microsleep adalah hentakan kepala keras dan mengedipkan mata yang terlalu sering

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan