Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Biasa aja

Tukang rebahan Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Tak Patuh Program Anti-Doping, Nasib Indonesia Terancam Seperti Rusia di Olimpiade Tokyo 2020

8 Oktober 2021   21:04 Diperbarui: 8 Oktober 2021   21:13 140 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi doping. | via: kompas.com

Bangsa Indonesia saat ini tengah gegap gempita dengan penyelenggaraan PON XX Papua. PON merupakan salah satu event olahraga yang rutin dilaksanakan setiap empat tahun sekali. 

Namun, kabar tidak sedap justru menimpa bangsa Indonesia. Badan Anti-Doping Dunia (WADA) baru saja merilis negara yang tidak patuh dengan standar program antidoping.

Dalam rilisnya, setidaknya ada tiga negara yang dianggap tidak patuhi standar antidoping. Ketiga negara tersebut adalah Korea Utara, Thailand, dan Indonesia. 

WADA menyebut bahwa Indonesia tidak menerapkan tes antidoping yang efektif. Jika hal itu benar, setidaknya Indonesia akan menerima beberapa kerugian. 

Dampak paling nyata adalah Indonesia tidak boleh menjadi penyelenggara event olahraga. Cakupan tersebut meliputi tingkat regional, benua, dan dunia. 

Konsekuensi kedua adalah perwakilan Indonesia yang tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite sampai dipulihkan atau untuk jangka waktu satu tahun atau lebih.

Untuk atlet, meskipun masih bisa bersaing di setiap ajang, mereka tidak diizinkan membawa nama dan mengibarkan bendera negara selain di ajang Olimpiade.

Kasus ini mirip dengan yang dialami Rusia pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Atlet Rusia memang tampil di ajang itu, tapi mereka memakai bendera olimpiade, lagu kebangsaan pun diganti, begitu juga dengan nama Rusia diganti menjadi ROC. 

Tentu saja ini kerugian besar bagi kita. Padahal, beberapa event olahraga besar akan diselenggarakan di negara kita ini. Contohnya Piala Dunia U-23 dan yang teranyar alah gelaran MotoGP. 

Indonesia juga terancam tidak tampil dalam event olahraga besar lain. Piala AFF, kualifikasi Piala Asia, Sea Games, dan lebih jauh adalah olimpiade adalah event olahraga yang kita persiapkan saat ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan