Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Cuma nulis yang ada dipikiran aja

Praktisi rebahan Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Balada Rektor UI yang Rangkap Jabatan Jadi Komisaris BUMN

21 Juli 2021   09:54 Diperbarui: 21 Juli 2021   10:52 174 1 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Balada Rektor UI yang Rangkap Jabatan Jadi Komisaris BUMN
Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro. Via kompas.com

Universitas Indonesia memang tengah menjadi perbincangan beberapa waktu lalu. Hal itu terjadi setelah BEM UI mengkritik Presiden Jokowi di media sosial dengan sebutan "King Of Lip Service."

BEM UI kemudian menyajikan beberapa data yang bersumber dari media, bahwa sang presiden tidak konsisten antara ucapan dan realita yang terjadi. Misalnya terkait revisi UU ITE.

Banyak yang pro dan kontra akibat unggahan tersebut. Namun, justru pihak yang kontra adalah UI itu sendiri, tempat para mahasiswa bernaung. Setelah melakukan kritik tersebut, pihak rektorat UI justru memanggil pihak BEM.

Rektorat beranggapan apa yang dilakukan BEM UI telah melanggar beberapa aturan. Pihak rektorat justru menyuruh menghapus postingan BEM itu tersebut. Di sisi lain, hal tersebut dianggap matinya kebebasan kampus.

Mahasiswa yang dikenal dengan idealismenya yang kuat justru harus melawan para rektorat yang realistis. Tentunya hal tersebut menjadi pertanyaan, apakah dunia kampus sudah tidak netral lagi?

Ketika membuka trending topic twitter, UI kembali menjadi sorotan. Kali ini yang menjadi trending adalah "Rektor UI" bukan lagi mahasiswanya. Ketika saya membuka tweet dengan kata kunci rektor UI, mucul beberapa berita mengatakan bahwa sang rektor rangkap jabatan.

Sang rektor dikabarkan rangkap jabatan menjadi seorang komisaris sebagai pejabat BUMN, tepatnya mengisi Wakil Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia. Dihimpun dari kompas.com, sang rektor ternyata bukan kali ini saja merangkap jabatan di luar rektor.

Pada tahun 2017 hingga tahun 2020, sang rektor menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Negara Indonesia (BNI). Posisi tersebut berakhir karena dirinya diangkat menjadi komisaris Bank BRI.

Apa yang dilakukan oleh sang rektor sebenarnya melanggar statuta UI yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2013. Dalam PP tersebut dengan tegas mengatakan melarang Rektor UI merangkap jabatan, termasuk di antaranya menjadi pejabat perusahaan pelat merah.

Beberapa larangan yang diatur dalam statuta UI setidaknya mengatur lima larangan yang mengatakan bahwa Rektor UI dilarang rangkap jabatan. Larangan pertama adalah rangkap jabatan pada pejabat satuan pendidikan lain, baik yang diselenggarakan pemerintah atau swasta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Birokrasi Selengkapnya
Lihat Birokrasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan