Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... B aja lah

Anak seorang buruh Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Kesan Pertama Anak Hukum Nonton Drama Korea "Law School"

9 Mei 2021   06:25 Diperbarui: 13 Mei 2021   15:38 3500 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kesan Pertama Anak Hukum Nonton Drama Korea "Law School"
Poster seri drama Law School. Via. tirto.id

Secara pribadi, saya tidak terlalu tertarik dengan drama korea. Padahal anak muda sekarang tengah gandrung dengan seri drama asal negara ginseng tersebut. 

Saya pribadi lebih tertarik dengan anime. Anime memang menjadi teman sedari kecil sampai saat ini. Drama yang saya ingat adalah Meteor Garden

Klasik bukan, itu pun karena kakak saya memang sering nonton drama tersebut. Dan teve di rumah hanya ada satu. Jadi terpaksa mau tidak mau saya menonton drama tersebut. 

Kali ini ada satu drama korea yang menarik perhatian saya, yaitu Law School. Alasannya sederhana, karena judulnya menarik, belum lagi saya memang menempuh studi ilmu hukum.

Mungkin beberapa orang menonton drama ini karena dibintangi oleh artis ternama, atau openingnya yang bagus. Bagi saya tidak penting, alasannya ya saya tidak tahu menahu tentang korea.

Jadi yang ingin saya tahu adalah bagaimana sih sistem hukum di negeri ginseng sana. Mungkin sebagian orang tidak peduli dengan aspek ini, orang lebih peduli dengan jalan cerita dalam drama ini. 

Nah awal episode sudah ditunjukkan dengan simulasi persidangan. Memang untuk fakultas hukum simulasi persidangan menjadi mata kuliah wajib di semester akhir, bobot mata kuliah simulasi sendiri 3 SKS.

Sebelum menempuh mata kuliah simulasi persidangan, kita harus lulus mata kuliah prasyarat seperti hukum pidana, perdata beserta hukum acaranya. Karena disitulah acuan jalannya persidangan. 

Waktu itu saya dan teman-teman memilih kasus perdagangan orang dalam simulasi persidangan. Nah di dalam drama Law School ini, kasus yang disidangkan adalah tentang pembunuhan.

Kembali lagi pada simulasi persidangan, dalam simulasi setiap mahasiswa mendapatkan peran tertentu. Ada yang menjadi jaksa, terdakwa, saksi, pengacara, dan hakim. Kebetulan saat itu saya bertugas menjadi jaksa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x