Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... B aja lah

Anak seorang buruh Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ebiet G Ade dan Iklan Bulan Puasa yang Sarat Makna

22 April 2021   14:27 Diperbarui: 22 April 2021   14:33 514 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ebiet G Ade dan Iklan Bulan Puasa yang Sarat Makna
Ebiet G Ade tampil di Syncronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/10/2017).  IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO (kompas.com)

Bulan ramadan memang membawa cerita tersendiri. Jika kita mengingat kembali, rasanya rasa rindu dengan suasana ramalan zaman dahulu memuncak, dan ingin kembali lagi pada zaman itu. 

Pada saat itu, ketika saya kecil dulu. Sebelum buka puasa semua keluarga kompak kumpul di depan teve. Apalagi jika untuk menunggu datangnya adzan maghrib.

Biasanya selama waktu menunggu itu, kita disuguhkan dengan beberapa iklan yang penuh dengan nilai kehidupan, khususnya saat berpuasa. Misalnya untuk menahan amarah, bersabar, dan sebagainya.

Iklan tersebut bermacam-macam. Ada yang menceritakan perjalanan seseorang yang hendak buka puasa, hingga tentang betapa pentingnya mudik, silaturrahmi dengan ibu dan bapak di kampung. 

Di dalam iklan tersebut biasanya ada lagu yang menyertainya. Sehingga iklan tadi menjadi begitu hidup dan pesan yang dalam iklan tersebut bisa tersampaikan. 

Misalnya salah satu iklan yang menceritakan seseorang dalam perjalanan. Lelaki dalam iklan tersebut mengendarai sepeda motor, dan ada lagu yang menyertainya. 

"Perjalanan ini terasa sangat menyedihkan sayang engkau tak duduk di sampingku kawan"

Ya, lagu tersebut adalah milik Ebiet G. Ade yang berjudul Berita Kepada Kawan.

Saat hendak berhenti mau berbuka, ada mobil lewat yang menyimpratkan air comberan kepada si pengendara tadi.  

Kemudian dalam iklan tersebut, waktu berbuka tiba. Si pengendara minum sebotol air mineral dan memakan buah kurma yang ia bawa. Itulah salah satu "sunah" nabi yang diajarkan ketika berbuka puasa, yaitu "kesederhanaan". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x