Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... B aja lah

Anak seorang buruh Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Salah Kaprah Klub Indonesia dalam Menyikapi Turnamen Pramusim

9 April 2021   07:06 Diperbarui: 17 April 2021   20:28 160 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salah Kaprah Klub Indonesia dalam Menyikapi Turnamen Pramusim
Pemain PSS Irfan Bachdim rayalan gol ke Gawang Persebaya dalam lanjutan Grup C Piala Menpora 2021, Rabu (7/4/2021). Via suara.com

Semi final leg pertama piala menpora sudah rampung digelar. Laga pertama mempertemukan Persija Jakarta vs PSM Makassar. Laga berkesudahan dengan skor kacamata. 

Di laga kedua, Persib Bandung berhasil membalikkan keadaan dari PSS Sleman. Persib sempat tertinggal terlebih dahulu dari pasukan elang jawa dengan skor 1-0.

Tak berselang lama Persib berhasil menyamakan kedudukan dan di menit terakhir Frets Butuan berhasil membawa Persib unggul 2-1. 

Leg kedua akan berlangsung di Stadion Manahan Solo esok hari. Laga pertama akan mempertemukan PSM Makassar melawan Persija Jakarta. Ke esokan harinya akan mempertemukan PSS vs Persib.  

Piala Menpora sejatinya serangakaian turnamen menuju Liga 1 nanti. Piala Menpora menjadi tolok ukur untuk liga nanti. Oleh karenanya, suskesnya piala menpora nanti akan menentukan liga, terutama dalam protokol kesehatan. 

Turnamen pramusim menjadi prestisius di Indonesia. Terlebih jika kita tarik ke belakang tepatnya pada tahun 2015. Kala itu kondisi sepakbola Indonesia kacau. PSSI dibekukan oleh Menpora Imam Nahrawi, belum lagi kepengurusan PSSI sendiri yang semrawut. 

Akibatnya, sepakbola Indonesia disanksi oleh FIFA, selama hampir satu tahun sepakbola Indonesia mati kutu. Klub merugi, salah satunya juara Indonesia Super League (ISL) 2014 Persib Bandung.

Akibat disanksinya sepakbola Indonesia, Persib Bandung tidak bisa berbicara lebih banyak di kancah Asia, dan harus terhenti dari Piala AFC. 

Kekosongan kompetisi itulah yang membuat turnamen pramusim digulirkan. Adanya turnamen jelas untuk menghidupkan kompetisi liga yang mati suri akibat disanksi. 

Turnamen pramusim yang digelar kala itu ialah Piala Presiden. Bukan main, pembukaan turnamen tersebut dibuka langsung oleh Prsiden Joko Widodo. Hadiah turnamen tersebut bisa dibilang fantastis, yaitu 3 miliar rupiah. Koreksi jika saya keliru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN