Mohon tunggu...
Muhammad DaniIksan
Muhammad DaniIksan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kegiatan Program KKN Tematik

Kegiatan Menulis KKN Tematik tentang Literasi Muhammad Dani Iksan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Warna Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Metode Daring

25 September 2021   23:25 Diperbarui: 25 September 2021   23:28 597
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengenal Warna Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Secara etimologi kemampuan diartikan sebagai kesanggupan atau kecakapan. Menurut Robbins kemampuan adalah kapasitas individu melaksanakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. 

Berdasarkan pendapat tersebut, kemampuan mengenal warna adalah kesanggupan anak dalam mengetahui warna dengan cara menunjuk, menyebut, dan mengelompokan warna yang di maksud guru melalui kegiatan-kegiatan pengenalan warna.

Mengenal warna merupakan salah satu indikator sains termaksud kedalam bidang pengembangan kognitif. Mengenalkan warna kepada anak dapat membentuk struktur kognitif dalam proses pembelajaran anak anak memperoleh informasi yang lebih banyak sehingga pengetahuan dan pemahamannya akan lebih kaya dan lebih dalam. Dalam hal ini anak mengetahui warna secara konsep berdasarkan pengalaman belajarnya

Warna adalah unsur pertama yang terlihat oleh mata dari suatu benda. Menurut Depdiknas warna adalah kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang di pantulkan oleh benda-benda yang kenainya. 

Unsur penting dari warna adalah objek (benda) yang kemudian diterima oleh mata karena adanya pantulan dari cahaya yang mengenai benda. 

Dengan demikian secara umum, warna didefinisikan sebagai unsur cahaya yang dipantulkan oleh sebuah benda dan selanjutnya diintrepetasikan oleh kerja otak mata berdasarkan cahaya yang mengenai benda. 

Selain warna tersebut menurut penelitian warna dasar atau warna primer yang ada didunia ini ada tiga, yaitu merah, kuning, dan biru. 

Dari ketiga warna ini bila dicampur akan menghasilkan semua warna lain senada dengan pendapat tersebut, menurut Gerret “warna pada prinsipnya hanya terdiri dari tiga warna yaitu merah, kuning dan biru. Sementara warna diluar ketiga tersebut merupakan gabungan dari ketiga warna itu

Metode dalam mengajarkan anak usia dini dalam pembahasan warna

Persiapan Pembelajaran Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Menggunakan Metode Discovery di Taman Kanak-kanak

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa persiapan yang guru lakukan yaitu satu hari sebelum kegiatan bersama anak.Persiapan pembelajaran yang dilakukan guru menentukan tema dan subtema. Berdasarkan tema tersebut guru memilih kegiatan yang akan dilakukan 50 bersama anak disesuaikan dengan aspek perkembangan dan minat anak. Guru memulai pembelajaran dengan menyiapkan terlebih dahulu posisi anak agar siap mengikuti pembelajaran.

Menyediakan Alat Dan Bahan Yang akan Digunakan Untuk Melakukan Kegiatan Mengenal Warna Dengan Metode Discovery di Taman Kanak-kanak

Dalam kegiatan pembelajaran guru berperan sebagai fasilitator yang harus menyediakan alat dan bahan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran hari itu yang berorientasi pada minat anak dan kemampuan yang menantang anak untuk mencurahkan kemampuan dan keterampilan serta kreativitas. 

Alat dan bahan yang digunakan harus diperhatiakan keamanannya, jangan sampai alat dan bahan yang digunakan mengandung unsur yang berbahaya untuk anak. 

Guru selalu menciptakan suasana yang menyenangkan serta nyaman untuk anak, menyediakan kebututuhan anak dalam kegiatan yaitu : bermain sulap warna, melempar bola warna, mecocokan warna dengan warna yang sama, melukis. Guru menyediakan alat dan bahan seperti : cat air, bola warna, kuas lukis.

Maka pengenalan warna dengan memanfaatkan media recovery ini dapat membuat anak mempelajari mengenai warna dasar dan melatih ingatan anak juga membantu anak mengurangi kejenuhan dalam melaksanakan pembelajaran daring karena melakukannya sambil bermain.

Oleh :

Nama : Muhammad Dani Iksan

Nim : 1801300

Prodi Manajemen

Kelompok 26

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun