Mohon tunggu...
Dani Josia
Dani Josia Mohon Tunggu... Penulis Pemula

Hey, Salam Kenal dan Selamat Membaca beberapa tulisan yang sudah saya buat. Semoga membantu kita semua dalam menambah informasi atau berbagi pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Teori Behaviorisme pada Komunikasi Digital

20 Februari 2020   12:24 Diperbarui: 20 Februari 2020   12:25 381 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teori Behaviorisme pada Komunikasi Digital
jpnn.com

Aliran psikologi belajar yang sangat besar pengaruhnya terhadap pengembangan teori , praktek pendidikan dan pembelajaran hingga kini adalah aliran Teori Behaviorisme. Behaviorisme sendiri adalah teori perkembangan perilaku manusia yang dapat diukur, diamati dan dihasilkan oleh respon pelajar terhadap rangsangan. Contoh mudah untuk teori ini adalah perilaku saat kita berada di umur 7 tahun (mulai memasuki kelas 1 SD/ Sekolah Dasar), saat itu kita diajarkan pertama kali tentang bagaimana kita harus berperilaku kepada semua orang ; teman, orang tua, guru, paman / bibi, dan lain-lain.  

Sebenarnya bukan hanya di saat itu saja, untuk umur saya yang sekarang ini (18 tahun / Mahasiswa) saya masih belajar bagaimana saya harus berperilaku. Baik kepada teman, orang tua / keluarga, dosen / guru, atau orang lain saat berada di jalan. Apalagi saat ingin berbicara kepada dosen melalui sosial media (WhatsApp, Line, Instagram, dan lain-lain). Saya harus memerhatikan bahasa yang saya gunakan, jam / waktu (situasi) ketika saya mengirimkan pesan tersebut. 

dokpri
dokpri
Ini adalah contoh bagaimana saya meminta izin untuk terlambat masuk kelas. Terlihat bahwa bahasa yang saya gunakan adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar (baku), dan juga saya mengirim pesan tepat pada  1 jam sebelum kelas.

Jadi kesimpulan yang bisa saya berikan adalah cara kita berperilaku itu bukan hanya dilihat secara langsung, tetapi bisa juga dari cara kita berkomunikasi melalu digital (sosial media).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x