Mohon tunggu...
Daniel Mashudi
Daniel Mashudi Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer

https://samleinad.com E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com Twitter, IG: @samLeinad

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Nightmare Alley", Film Noir yang Layak Ditonton

20 Januari 2022   01:31 Diperbarui: 29 Maret 2022   12:49 1999 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu adegan di film Nightmare Alley| Sumber: Walt Disney Studio/IMDB via Kompas.com

Film Nightmare Alley mulai tayang di bioskop tanah air pada Rabu, 19 Januari 2022. Kebetulan salah satu bioskop di dekat tempat tinggal saya di Cikupa, Tangerang juga menayangkan film ini. Saya penasaran ingin menontonnya di hari pertama kemarin.

Sebelum menonton, saya mencoba mencari informasi tentang film noir (film kelam atau hitam) bergenre thriller psikologis ini. Situs-situs berita nasional seperti Kompas, Republika, Tempo, dan sejenisnya tak mengulas terlalu detail. Ulasannya kurang dalam, bahkan isinya sama antara satu dengan yang lainnya.

Saya kemudian mencoba mencari tahu dari sumber luar negeri. Salah satunya dari situs Searchlight Picture, yang juga rumah produksi dari film Nightmare Alley. Film ini rupanya telah meraih beberapa penghargaan di Amerika Serikat.

Misalnya pemenang AFI Honorees untuk kategori movie of the year, pemenang American Cinematique's Tribute to The Crafts (production designer), pemenang Nevada Film Critics Society Awards (best director, best adapted screenplay, best production design, best cinematography), pemenang Phildelphia Film Critics Circle (best cinematography), serta pemenang Phoenix Film Critics Society (best production design, top ten films).

Selain itu, film ini juga masuk nominasi pada beberapa penghargaan. Salah satunya masuk dalam Academy Awards Shortlist untuk kategori makeup & hairstyling.

Film yang diadaptasi dari novel William Lindsay Gresham pada 1946 ini disutradarai oleh Guillermo del Toro. Ia juga sebagai penulis skenario bersama Kim Morgan. Guillermo del Toro sendiri telah dua kali memenangi Oscar, yakni untuk film The Shape of Water (2017) di kategori best achievement in directing dan best motion picture of the year.

Sinopsis Nightmare Alley

Nightmare Alley bersetting tahun 1940-an setelah usai Perang Dunia I. Film ini menceritakan seorang pria bernama Stanton Carlisle atau Stan (diperankan Bradley Cooper). Ia bekerja di sebuah carnival atau pasar malam milik Clem Hoatley (Willem Dafoe).

Di karnival ini, Stan bertemu dengan pasangan Zeena dan Pete (Toni Collette dan David Strathairn). Zeena adalah seorang peramal, sementara Pete seorang mentalis yang punya kegemaran buruk minum alkohol. 

Stan juga bertemu Molly (Rooney Mara), seorang wanita pemain 'elektra' yang bermain-main dengan listrik di panggung pertunjukan. Keduanya kemudian terlibat dalam hubungan yang lebih spesial.

Stan belajar banyak tentang keterampilan mentalisme dari Pete. Mentalisme ini sejenis permainan sulap dengan membaca pikiran audiens. Di Indonesia, kita mengenal Deddy Corbuzier dan Damian sebagai mentalis yang mahir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan