Mohon tunggu...
Daniel Mashudi
Daniel Mashudi Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer

https://samleinad.com E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kalahkan Jarak dengan Tri, Putus Nyambung Saat Zoom Meeting Bareng Paula-Baim Tidak Perlu Terjadi

15 Juli 2020   15:51 Diperbarui: 15 Juli 2020   15:56 989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen pribadi, hasil screenshot

Internet menjadi kebutuhan penting bagi kita saat ini. Apalagi saat Covid-19 mulai mewabah di negara ini pada Maret lalu, aktivitas daring semakin banyak kita lakukan. Bekerja dari rumah menjadi hal yang tak terhindarkan demi mencegah penularan virus.

Pertemuan daring dengan bantuan teknologi digital makin banyak terjadi, menggantikan rapat-rapat konvensional dengan bertatap muka secara langsung yang sebelumnya biasa dilakukan. Aplikasi seperti Zoom, Google Classroom, dan sejenisnya banyak kita pakai untuk tetap tersambung dengan rekan-rekan. Jaringan internet yang berkualitas dibutuhkan agar semuanya berjalan lancar.

Ada pengalaman tidak mengenakkan yang saya alami saat melakukan Zoom Meeting, karena terkendala jaringan internet yang putus nyambung. Ceritanya, pada bulan Ramadan lalu saya mengikuti satu lomba di Instagram yang diselenggarakan oleh Okezone dan Sasa. Foto yang saya ikutkan dalam lomba tersebut ternyata terpilih menjadi salah satu pemenang. Selain diganjar hadiah, para pemenang lomba juga berkesempatan berbincang-bincang dengan Paula Verhoeven melalui Zoom Meeting.

Tibalah waktu pelaksanaan Zoom Meeting tersebut. Sore itu saya dan para pemenang lain serta pihak panitia sudah mulai bergabung terlebih dahulu di meeting. Kami berdiskusi terlebih dahulu tentang hal-hal seputar lomba yang kami ikuti dan aktivitas di masa WFH, yang nantinya akan dibicarakan dengan Paula. Jadi, Paula akan hadir setelah kami semuanya siap.

Saat itu aplikasi Zoom di gawai saya bermasalah. Setiap sekian menit koneksinya terputus, lalu tersambung lagi. Sepertinya jaringan internetnya kurang bagus. Kejadian putus nyambung ini terus berlanjut, hingga saat Paula Verhouven dan Baim Wong begabung ke pertemuan daring tersebut.

Sungguh tidak mengenakkan, saya tidak bisa mengikuti meeting secara utuh. Bahkan ada satu momen ketika saya mengajukan pertanyaan kepada Paula, koneksi kembali terputus. Masih beruntung saya sudah menyelesaikan pertanyaan tersebut, sehingga tidak ada kalimat yang terpotong.

Saat saya tersambung kembali di meeting, ada jeda waktu sekian detik yang terlewatkan. Hal ini membuat saya tidak bisa mendengarkan jawaban Paula secara lengkap. Ketinggalan informasi gara-gara koneksi internet yang sering hilang menimbulkan rasa kesal dan tidak enak di hati saya. Sepertinya saya ingin berkata, "Ampuni Baim, eh Daniel, ya Paula!"

Kejadian putus-nyambung saat mengikuti Zoom Meeting tidak hanya terjadi saat pertemuan dengan Paula tersebut. Di Zoom Meeting yang lain ternyata saya tetap mengalami kejadian serupa karena jaringan internet yang tidak stabil. Keadaan ini tentunya tidak bisa dibiarkan berlarut.

3 Pertimbangan Utama

Mencari provider pengganti adalah solusi. Beberapa pertimbangan tentunya perlu saya lakukan. Pertama, jaringan internetnya harus bagus dan stabil sehingga mumpuni untuk melakukan telekonferensi, mengunggah foto dan video di media sosial dan blog, dan melakukan streaming musik, film, atau siaran sepakbola yang biasa saya lakukan. Kedua, cakupan area atau coverage yang luas, tidak hanya kota-kota di Pulau Jawa namun juga di pulau lainnya. Dan yang ketiga, harga terjangkau dengan layanan memuaskan.

Pencarian informasi baik dari internet maupun teman segera saya lakukan, terkait provider mana yang mampu memenuhi pertimbangan-pertimbangan di atas. Beberapa teman yang gemar bermain game online menyarankan untuk memakai 3 (Tri). Alasannya sangat masuk akal, gaming memerlukan jaringan internet yang kuat dan stabil. Jika tidak, gaming bisa ngelag dan tidak lancar, hingga akhirnya kalah dalam permainan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun