Mohon tunggu...
Daniel Eko Cahyanto
Daniel Eko Cahyanto Mohon Tunggu... karyawan swasta -

hobby internetan, musik, traveling, photographi

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Indonesia Negara Adidaya Selanjutnya

10 November 2010   04:18 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:43 126 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indonesia Negara Adidaya Selanjutnya
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

mungkin sebuah wacana dan impian saja bagi negara RI sekarang ini untuk menjadi sebuah negara dengan kekuatan ekonomi dan persenjataan yang mumpuni. tetapi bila kita telisik antara 40 hingga 60 tahun silam, saat itu RI muda mejadi nyaris menjadi sebuah kekuatan yang hampir menandingi negara barat khususnya AS dan Uni Soviet, bagaimana tidak pada saat itu RI muda benar benar ditakuti oleh negara-negara dunia ketiga dan hampir menjadi ancaman tersendiri bagi negara seperti AS. dibawah kepemimpinan yang kuat dan luar biasa, saat itu pemimpin besar bung Karno berhasil mengobarkan semangat yang ditakuti oleh dunia barat di masa itu, yang mengakibatkan kejatuhan dari pemimpin pertama RI sendiri akhirnya.

tapi itu adalah masa lalu yang hanya menjadi sebuah monumen yang hanya akan dikenang oleh generasi-generasi penerus. mungkin adalah sebuah impian dan hanya menjadi isapan jempol semata, laksana pungguk merindukan bulan bila kita berpikir "Indonesia negara adidaya selanjutnya". dan mungkin hanya akan di ketawain oleh negara-negara seperti malaysia, singapura,india,cina, dll bila kita membicarakan hal tersebut diforum internasional.

seperti yang kita ketahui bersama bahwa negara kita ini menyimpan potensi SDM dan SDA yang amat sangat luar biasa yang bila kita manage dengan benar akan membuat negara kita menjadi negara yang makmur dan subur dan bahkan menjadi negara superpower seperti AS. hampir seluruh potensi alam dan laut ada di wilayah negara kita. mungkin kita perlu belajar dari negara cina. lebih dari 20 tahun yang lalu mereka adalah bangsa agraris yang kondisinya sama dengan kita, dan bahkan mereka hidup dibawah tirani otoriter yang sangat kuat. tapi kini, mereka menjadi bangsa yang kuat yang mampu bersaing dengan negara-negara industri maju lainya seperti AS, Jepang, Jerman, Inggris.

tapi itu adalah cina bukan Indonesia, jika mereka mampu, mengapa kita tidak ?

bukan tidak mungkin bahwa negara kita ini akan menjadi negara superpower di masa depan mengingat kita adalah negara dengan SDA terbesar yang bila kita mau berubah dan dengan sadar kita bahu membahu untuk mewujudkannya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x