Mohon tunggu...
Daniel Adera Putra S
Daniel Adera Putra S Mohon Tunggu... Freelancer - Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

- Cinephilia -

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Cara agar Tetap Produktif Selama Perkuliahan Daring

4 Januari 2023   15:50 Diperbarui: 4 Januari 2023   16:49 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi perkuliahan online.  

Daniel Adera Putra S, Mahasiswa Semester 3 Ilmu Komunikasi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Dosen Pengampu: Saeful Mujab, S.Sos, M.I.Kom

Corona Covid-19 tentunya membuat banyak orang harus beradaptasi dengan situasi agar tetap bertahan di era pandemi. Mewabah di Indonesia sejak awal tahun 2020, pandemi Corona Covid-19 membuat masyarakat harus terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Salah satunya ialah kuliah secara online, meski demikian sebagai mahasiswa harus mampu berbenah dan tidak menyalahkan keadaan.

Kuliah secara online menjadi salah satu bukti nyata bahwa dalam kehidupan banyak hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Sebagai mahasiswa harus mampu terbiasa memikirkan jalan keluar dari hal yang tidak sesuai rencana. Melimpahkan semua kesalahan pada realitas hanya membuat mahasiswa tidak berkembang dan tidak produktif.

Sebagai mahasiswa alangkah lebih baik jika mampu mengarahkan diri untuk melakukan hal-hal yang bersifat produktif. Melakukan hal yang produktif mengalihkan diri agar tidak stress di kala pandemi. Selain itu, diri menjadi semakin aktif dan berkembang karena melakukan sesuatu yang lebih berguna daripada tidak sama sekali.

Ia adalah mahasiswa semester 3 fakultas ilmu komunikasi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Baginya, kuliah online tidak efektik dilakukan, terutama untuk beberapa mata kuliah yang mewajibkan untuk praktek sehingga sebagai mahasiswa produktif menjadi tidak mudah.

"Beda sekali rasanya, ketika offline mahasiswa ada melakukan praktek jadi masih tetap produktif, tidak hanya memandang layar" Ucapnya. Ia kembali menegaskan bahwa menjalani kuliah secara online, tentunya sangat melelahkan. Bagaimana tidak? duduk dan dalam waktu lama menatap layar pasti membuat badan terasa pegal dan mata menjadi perih. Nah, semoga saja tidak lama lagi masa-masa itu akan segera berakhir.

Namun, karena ia sudah lama menjalani kuliah online, mungkin permulaan saat dirinya memulai kuliah offline akan terasa janggal. Maka dari itu, alangkah baiknya apabila melakukan persiapan untuk kuliah offline supaya tetap produktif dan tidak menjadikan kuliah online sebagai penghalang.

Agar diri menjadi lebih produktif, yuk simak beberapa tips berikut ini.

Disiplin dan Berkomitmen pada Jadwal dan Waktu

Baginya mencatat rincian jadwal tentu sangat diperlukan supaya tidak keteteran memikirkan mana dulu yang harus dilakukan dan supaya semua yang kamu kerjakan bisa selesai tepat waktu tanpa perlu menunda-nunda.  Nah, komitmen terhadap jadwal dan waktu yang sudah ditentukan sangatlah diperlukan demi kelancaran menjalani perkuliahan offline. Menerapkan jadwal yang matang dan berkomitmen pada waktu membuat diri menjadi terbiasa hingga mempunyai efek jangka panjang jika dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, diri tidak boleh menganggap sepele pada waktu yang sudah ditetapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun