Mohon tunggu...
Daniel Manurung
Daniel Manurung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Lahir di pekanbaru dan tumbuh besar di kota palembang, tinggal di bogor, jawa barat. memiliki hobi membaca buku dan mendengarkan musik.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Manajemen Waktu Ibu Bekerja terhadap Karakter Anak Remaja

18 November 2022   19:15 Diperbarui: 18 November 2022   19:19 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

MANAJEMEN WAKTU IBU BEKERJA TERHADAP KARAKTER ANAK REMAJA

Kelompok 18

Filifi One Six Nissi Agave Silaban | Daniel Manurung | Irfania Aulia Tsani | Dwi Melati Sukma | Najla Hilmi Harahap

Dosen Pengampu

Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA dan Irni Rahmayani Johan, SP., 

MM., PhD

Sejalan dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, semakin banyak perempuan yang memasuki dunia kerja dan memiliki karir yang sederajat dengan laki-laki. Banyak wanita yang memulai berkeluarga saat mereka bekerja dan beberapa lainnya merasa perlu untuk kembali bekerja lebih cepat dari yang diharapkan pada periode setelah melahirkan. 

Ibu yang bekerja adalah sebuah institusi dalam dirinya sendiri yang menggabungkan karir yang sukses dan memberikan kemandirian finansialnya dengan keibuan yang efektif dalam membesarkan anak. Ibu mempunyai peranan penting dalam pembentukan karakter anak khususnya saat memasuki usia remaja

Jika ibu bekerja, maka tugas ibu sebagai orang tua akan terbagi dengan tugas ibu saat bekerja. Hal tersebut akan mempengaruhi karakter anak, karena kurangnya pengasuhan langsung dari seorang ibu saat mereka mulai memasuki usia remaja yang mana perlu pengawasan yang cukup sehingga hal tersebut akan berdampak pada pengelolaan karakter anak. 

Pada masa ini, remaja memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Secara umum, remaja sering merasa kurang dimengerti oleh orang tua dan merasa lebih nyaman dengan teman sebaya. Ikatan dan komunikasi antara orang tua dan remaja sangat penting karena akan mendukung perkembangan kecerdasan emosional mereka. 

Untuk mengetahui bagaimana gambaran seorang ibu pekerja dalam membagi waktunya untuk mengelola karakter pada anak remaja dilakukan wawancara terhadap beberapa informan sebagai ibu yang bekerja dan memiliki anak remaja serta anak usia remaja yang memiliki ibu bekerja. Kegiatan ibu bekerja dapat seimbang dengan waktu untuk keluarga khususnya pada anak-anaknya yang sudah berusia remaja. Para ibu juga selalu menjaga komunikasi dengan anak-anaknya sehingga timbul komunikasi yang baik antara ibu bekerja dengan anak di usia remaja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun