Mohon tunggu...
Daniar Murdi
Daniar Murdi Mohon Tunggu... Blogger
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Blog iseng : https://modelkebaya.net/

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Jenis Jenis Kain Brokat

4 September 2018   19:18 Diperbarui: 27 Mei 2019   20:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jenis Jenis Kain Brokat
bahan-brokat-untuk-pernikahan-5c6d5fafc112fe168c3f5355.jpg

Sudah tidak asing memang bagaimana peran dari kain brokat yang sampai sekarang menjadi salah satu padanan yang memberikan nunsa kombinasi pada beberapa busana populer dari gamis, kebaya sampai dengan busana lainya. Kelebihan dari jenis kain yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri bisa memberikan nuansa lebih mewah dibandingkan dengan yang polosan. 

Kemudian dari sisi harga juga memang banyak sekali pilihanya. Kemarin saya sempat berkunjung ke salah satu toko kain di Jogja dan menemukan harga kain brokat ini per meter sekitar 200 ribu yang paling murah jadi kalau dibuat kombinasi dalam kebaya misalkan bisa mengahbiskan 2 meter sudah ada sisinya. Memang di kalangan bawah harga segini lumayan mahal namun di kalangan menenegah ke atas kombinasi busana entah kebaya yang pada umumnya masih sangat dominan dengan perpaduan jenis brokat ini. 

Salah satu jenis bahan yang paling sering dipilih adalah brokat. Hal ini dikarenakan brokat memiliki tampilan yang mewah dan juga cantik untuk pernikahan. Nah, untuk membantu kamu dalam memilih bahan brokat tersebut, kali ini saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai berbagai bahan brokat untuk pernikahan.

  1. Brokat Perancis atau French Lace

Kalau kamu pergi ke toko bahan, seringnya jenis bahan brokat Perancis inilah yang akan paling utama ditawarkan. Hal ini tentu saja karena brokat ini memiliki kualitas paling bagus diantara brokat lainnya. Bahannya lembut, tidak membuat gatal dan panas dan paling penting, jatuhnya paling bagus dibadan. Akan tetapi, tentu saja ada harga, ada barang. Brokat Perancis ini juga yang adalah kain yang paling mahal dibandingkan brokat-brokat lainnya. Harganya berkisar bisa mulai dari Rp. 500,000 hingga jutaan rupiah per meternya! cek juga desain lain di modelbaju.info yang selalu update.

  1. Brokat Semi Perancis

Nah, kalau ini biasa disebut sebagai tiruanya brokat Perancis. Kenapa? Karena brokat ini memiliki kualitas hampir mirip dengan brokat Perancis. Jadi jangan heran kalau kain ini agak terasa sedikit lebih kaku dibandingka brokat Peranis yang halus. Meskipun begitu, jangan memandang rendah brokat Semi Perancis ini karena ternyata ada juga sebagian designer yang lebih memiilih menggunakan bahan brokat ini karena tektstur bahannya yang lebih kuat sehingga lebih mudah dan tidak rentan robek ketika dijahit. Harga nya juga bervariasi. Kamu bisa mendapatkan mulai dari Rp. 150,000 hingga Rp. 400,000an per potong baju. Ya biasanya kalau brokat Semi Perancis memang dihitungnya per potong baju dan bukan per meter.

  1. Brokat Jepang

Brokat Jepang ini biasanya dianggap sebagai saingannya brokat semi Perancis. Tullenya cukup lembut dan juga motifnya pun bervariasi. Meskipun begitu, sebagian orang tetap memilih brokat semi Perancis karena menurut mereka brokat Jepang terasa sintetis nya. Tapi sebenarnya semua ini selera kok! Untuk harga, bahan brokat Jepang memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan bahan brokat semi Perancis.

  1. Brokat Prada

Brokat Prada ini bisa dibilang kembali populer setelah Vera Anggraini alias pemilik Vera Kebaya mulai memakainya dalam pembuatan karya beliau. Brokat prada ini secara kasat mata memiliki tekstur dan motif yang berbeda dibandingkan brokat lainnya. Brokat prada ini memang memiliki motif timbul yang halus sehingga motifnya pun bisa dipotong-potong untuk kemudian menjadi aplikasi kebaya. Untuk harganya, bahan brokat prada bisa dibilang memiliki harga yang bervariasi. Semua tergantung kehalusan bahan dan juga jenis motifnya.

  1. Brokat Italy atau Tulle Bordir

Brokat ini juga gampang sekali dibedakan dengan brokat lainnya karena bentuknya yang sangat jelas yaitu tulle yang sudah dibordir atau pun ada yang sudah dipayet. Harganya pun sangat bervariasi tergantung dari kesulitan bordir atau payet tiap kain tersebut. Enaknya dari membeli kain ini adalah kamu tidak perlu me-mayet lagi karena toh kainnya sudah penuh dengan payet. Tapi terkadang ada juga beberapa designer yang justru tidak mau memakai jenis bahan ini karena bisa membatasi imajinasi mereka dalam berkarya. Jadi saran dari saya, kalau kamu mau menggunakan kain ini lebih baik diskusi dulu dengan penjahitmu.

  1. Brokat Biasa

Brokat ini memang tidak ada nama khususnya sehingga biasa nya kalau ke toko bahan, orang akan langsung bilang “Ada brokat biasa nya nggak mas?” Hehe. Brokat ini bisa dibilang paling murah dibandingkan jenis brokat yang lain. Jadi nggak heran banyak calon pengantin yang akhirnya memilih jenis brokat ini untuk seragam bridesmaids ataupun keluarga jauh. Salah satu downside dari bahan brokat biasa ini adalah selain motifnya yang terkadang tidak terlalu bagus sehingga mirip taplak meja, warnanya pun tidak terlalu bervariasi. Jadi kalau kamu ingin membeli brokat ini, make sure kamu membeli bahan yang motif dan warna nya cantik ya!

Tentu saja memang anda bisa mencari ide dan warna yang lebih menarik. Kain brokat yang memang asli dari negara indonesia haruslah di lestarikan dari sisi budaya dan ekonomi. Umunya beberapa desain model gamis brokat sekarang ini banyak yang sudah memadukan dengan brokat kelas bawah sampai menengah dimana bisa dikenakan pas pesta dan kondangan sampai dengan resepsi.

Apakah anda salah satu penganut kombinasi brokat ?

VIDEO PILIHAN