Mohon tunggu...
Daniar Rahmawati
Daniar Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Prajabatan UAD

Saat ini sedang menempuh pendidikan profesi guru guna meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan kompetensi sebagai guru.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Lingkup Sekolah Dasar

2 Juni 2023   04:00 Diperbarui: 2 Juni 2023   04:02 2973
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan kurikulum seiring berjalannya waktu, tentunya  hal tersebut didasari dengan semakin berkembangangnya digitalisasi yang cepat serta kebutuhan peningkatan kualitas pendidik. Begitupun dengan model pembelajaran serta pendekatan yang digaungkan setiap pergantian kurikulum pendidikan juga berbeda-beda. Pada saat ini pendekatan Culturally Responsive Teaching sedang menjadi trend bahasan baru pada kurikulum merdeka, sama halnya dengan pendekatan Teaching at The Right Level. 

Culturally Responsive Teaching merupakan cabang dari pendidikan multikultural atau strategi penerapan pendidikan multikultural didalam kelas. Pendidikan multikultural dapat diartikan sebagai pendidikan keragaman budaya dalam masyarakat, dapat pula diartikan sebagai pendidikan yang menawarkan ragam model untuk keragaman budaya dalam masyarakat, dan terkadang juga dimaknai sebagai pendidikan untuk membimbing sikap peserta didik agar menghargai keragaman budaya masyarakat yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.

Pendekatan Culturally Responsive Teaching  pada Sekolah Dasar dapat diterapkan secara fleksibel. Peserta didik yang berasal dari latar beakang, dan suku yang berbeda mampu memberikan keragaman unik untuk membentuk jiwa toleransi bagi peserta didik. Penerapan pendekatan ini dapat diaplikasikan pada saat proses pembelajaran  namun tetap disesuaikan pula dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan. 

Pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat diberikan dengan cara memasukkan unsur budaya pada saat proses pembelajaran, misalnya seperti mennyayikan lagu daerah, memberikan contoh soal penjumlahan dengan menggunakan makanan tradisional, menentukan daerah dengan memperlihatkan batik khas daerahnya, dan sebagainya. Jadi pendekatan Culturally Responsive Teaching memberikan warna dalam proses pembelajaran sehingga selain meningkatkan antusiasme belajar bagi peserta didik, setiap peserta didik juga mengenal keragaman budaya dari daerah lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun