Mohon tunggu...
Amakusa Shiro
Amakusa Shiro Mohon Tunggu... Engineer -

A masterless Samurai

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

"Quantum Leap" dalam Dunia "Browser"

29 September 2017   21:51 Diperbarui: 30 September 2017   10:58 3253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembaca pasti sering pakai yang namanya browser, untuk "berselancar" di dunia maya.

Apa yang menjadi pertimbangan pembaca untuk memilih dan menginstall suatu browser di PC/gawai?

Kecepatan? User Friendly? Kebiasaan (sudah terbiasa pakai satu browser dari dulu)? Gara2 gebetan maunya pakai browser itu ? Atau?
Pastinya ada 1001 alasan yang berbeda bagi masing-masing pembaca.

Kalau saya, prioritas pertama untuk memilih suatu browser adalah kecepatan (loading laman web). Setelah itu adalah kemudahan menggunakan (user friendly) browser tersebut. Hanya dua itu saja kok (persis promosi KaBe).

Saya seringnya pakai Chrome, dan sebelumnya saya sering pakai Firefox. Firefox saya tinggalkan beberapa tahun yang lalu karena leletnya minta ampun.

Tapi beberapa hari yang lalu saya dapat info bahwa Firefox merilis browser terbarunya yang dinamai Firefox Quantum (selanjutnya saya singkat dengan FQ), walaupun sekarang masih versi beta (versi 57). Konon, rilis versi resminya akan dilaksanakan pada tanggal 14 November yang akan datang.

Saya langsung meng-installnya. Dan ternyata, Firefox sudah banyak berubah semenjak saya meninggalkannya beberapa tahun yang lalu.

Ini beberapa catatan kecil saya tentang FQ.

Load Web lebih cepat

Loading web page memang terasa lebih cepat dibanding dengan Chrome (maaf, saya tidak membandingkan dengan browser lain karena saya tidak menginstall web browser selain Chrome di PC).

Dari percobaan yang saya lakukan  dengan meng-akses 3 kali laman kompasiana.com, akses rata-rata lebih cepat sekitar 2 detik dibandingkan Chrome. Catatan : Sebelum percobaan saya sudah me-refresh cache (informasi web yang tersimpan di PC). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun