Mohon tunggu...
Danar Lukiat
Danar Lukiat Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Hai, Saya Danar Lukiat, Saya merupakan seorang Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Univeristas Amikom Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Pahlawan Dapur Masa Pandemi

16 April 2021   22:02 Diperbarui: 17 April 2021   09:14 177 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pahlawan Dapur Masa Pandemi
( Penjual sayur keliling yang sedang menjajakan dagangannya di suatu komplek, Dokumentasi Danar Lukiat )

Proses jual beli di pasar tradisional menjadi salah satu yang terdampak pandemi covid-19. Walaupun kegiatan masyarakat sudah di longgarkan dan pasar sudah mulai ramai, tetapi masih banyak masyarakat yang menghindari kerumunan pasar dan memilih memanfaatkan penjual sayur keliling untuk memenuhi kebutuhan dapurnya.

Indonesia sudah mengalami pandemi covid-19 lebih dari satu tahun, berbagai upaya sudah dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi pandemi ini, akan tetapi saat ini masih ada penduduk yang terjangkit virus covid-19. 

Pandemi ini mempengaruhi hampir seluruh sektor kehidupan mulai dari sektor kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi dan masih banyak sektor lainnya. 

Walaupun saat ini kasus covid-19 tidak sebanyak pada saat awal mula merebaknya virus ini, namun masih banyak masyarakat yang sadar dan mematuhi protokol kesehatan sehingga masyarakat selalu berhati-hati dalam beraktivitas sehari-hari.

Berbelanja sayur dipasar merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan pangan di sebuah keluarga, akan tetapi karena adanya pandemi covid-19 menjadikan sebagian masyarakat merasa takut untuk pergi berbelanja karena secara tidak langsung harus berkerumun. 

Keresahan tersebut menemukan titik terang dengan adanya penjual sayur keliling saat pandemi seperti sekarang ini, masyarakat merasa diuntungkan karena tidak perlu pergi ke pasar untuk membeli sayur-mayur. 

Penjual sayur keliling sudah ada sejak dahulu kala bahkan jauh sebelum pandemi covid-19 menyerang, penjual ini memiliki peran yang begitu penting karena memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan tanpa harus pergi ke pasar. 

Walaupun harga sayur dan bahan pangan lain yang dijual lebih mahal daripada penjual yang ada di pasar, tetapi penjual sayur keliling tetap dicari-cari karena memudahkan masyarakat. 

Bahan pangan yang dijajakan juga beragam mulai dari sayur segar berbagai macam, buah-buahan, bumbu dapur, jajanan pasar bahkan lauk pauk seperti tempe, tahu, ikan dan ayam potong. 

Bahkan para pelanggan bisa memesan bahan makanan untuk esok hari kepada penjual sayur keliling, karena biasaya para penjual sayur akan menerima pesanan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN