Mohon tunggu...
Danan Wahyu Sumirat
Danan Wahyu Sumirat Mohon Tunggu... Buruh - Travel Blogger, Content Creator and Youtuber

blogger gemoy

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Terlambat Menemukan Passion Tidak Terlambat Melindungi Diri

29 Desember 2019   20:52 Diperbarui: 29 Desember 2019   20:53 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Setelah lebih dua puluh tahun lebih akhirnya menemukan passion.|Dokumentasi pribadi

Setelah bertahun-tahun merasa tidak memiliki hobi pada akhirnya di akhir usia 20-an menemukan sebuah passion. Setelah liburan akhir tahun dengan mengelilingi Sulawesi tahun 2010, saya semakin mencintai traveling. Berikutnya,  hampir  setiap bulan saya melakukan perjalanan ransel keliling nusantara. Kebetulan pola kerja 2-1, dua minggu bekerja dan  satu minggu libur, sangat mendukung aktivitas sebagai backpacker.

Perjalanan keliling nusantara menjadi impian yang tertunda.|Dokumentasi pribadi
Perjalanan keliling nusantara menjadi impian yang tertunda.|Dokumentasi pribadi

Catatan perjalanan saya dokumentasikan di blog gratisan dan keroyokan Kompasiana. Tanpa terasa kemampuan menulis terasah dan saya mulai memberanikan diri untuk menulis di majalah dan surat kabar. Bagi saya yang tidak memiliki jaringan di media dan industri literasi, tidak mudah mendapatkan kesempatan menulis di media cetak, namun melalui lomba blog dan gathering blogger mendapatkan koneksi.

Tidak mudah bagi blogger pemula menembus media cetak.|Dokumentasi pribadi
Tidak mudah bagi blogger pemula menembus media cetak.|Dokumentasi pribadi

Ibarat baru menikmati manisnya traveling, saya tidak pernah membatasi diri untuk melakukan aktivitas apapun. Perkenalan dengan dunia bawah laut Selayar,  membuat saya aktif melakukan free dive. Perlengkapan free dive dan kamera underwater selalu ada di ransel untuk merekam keindahan dunia bawah laut.

Saya tidak menyangka dapa melihat terumbu karang dan ikan seunyu ini.|Dokumentasi pribadi
Saya tidak menyangka dapa melihat terumbu karang dan ikan seunyu ini.|Dokumentasi pribadi
Saya tidak menyangka dapa melihat terumbu karang dan ikan seunyu ini.|Dokumentasi pribadi
Saya tidak menyangka dapa melihat terumbu karang dan ikan seunyu ini.|Dokumentasi pribadi

Saya tidak pernah membatasi diri dengan aktivitas traveling apapun. Bukan hanya lautan yang disambangi, beberapa kali saya menjejakan kaki di puncak gunung di Indonesia.  Sebetulnya ini mewujudkan impian masa muda yang tertunda. 

Sejak kuliah, saya ingin sekali mendaki gunung tapi orang tua tidak pernah mengijinkan karena alasan keselamatan dan risiko. Lalu ketika  ada kesempatan seperti sekarang, saya tidak hanya naik gunung tapi juga melakukan aktivitas traveling berisiko tinggi seperti paralayang dan masuk ke hutan untuk berinteraksi dengan suku pedalaman nusantara.

Dunia bawah laut dan diving menjadi bagian dari aktivitas traveling.|Dokumentasi pribadi
Dunia bawah laut dan diving menjadi bagian dari aktivitas traveling.|Dokumentasi pribadi

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun