Mohon tunggu...
Dana Nuril Ibad
Dana Nuril Ibad Mohon Tunggu... Guru - Lahir di kota Jember 09 November 1995

gemar menulis sejak zaman sekolah, mulai dari tugas mengarang cerita, hingga puisi ala anak sekolah pada zamannya. bermula dari kenikmatan saat mengetik, lalu lahirlah ide untuk menulis sesuatu.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Tahapan Mendidik Anak, Mulai Kapan?

3 Agustus 2022   20:39 Diperbarui: 3 Agustus 2022   20:45 110 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://wolipop.detik.com/

1. Pra Nikah

Sebelum menuju ke pendidikan anak, terlebih dahulu membahas tahapan dimulai sebelum nikah, yaitu memilih pasangan. Islam mengajarkan bahwa memilih pasangan adalah anjuran. Karena dari pasangan inilah yang nantinya bisa menentukan perkembangan anak.  

Menikah merupakan salah satu step atau tahapan yang dilalui setiap pasangan menuju kehidupan yang utuh yaitu kehidupan rumah tangga. Dalam Islam, menikah adalah kegiatan ibadah yang hukumnya bermacam-macam. Mulai dari wajib hingga haram. Tergantung kondisi yang sedang dialami oleh masing-masing individu. 

Wajib menjadi hukum bagi seseorang yang tengah berada dikondisi harus menikah dengan kemungkinan bahwa jika tidak segera untuk menikah, maka akan berdampak buruk baik secara kesehatan maupun secara agama. Sunnah adalah hukum ideal yang biasanya dialami oleh seseorang ketika akan memutuskan menikah. Begitu hingga hukum haram yang diperuntukkan seseorang yang secara syari'at belum boleh menikah.

Dimulai dengan memilih pasangan yang baik, nantinya akan sangat berdampak kepada keberlangsungan menjalankan ibadah berumah tangga. Karena pasangan yang baik adalah pasangan yang bisa mendekatkan diri kepada Allah melalui syari'at-Nya.

2. Nikah 

Ketika akad nikah telah di laksanakan, maka status seseorang akan berbeda dengan beberapa menit sebelum akad. Karena mereka (pasangan) akan memasuki masa-masa rumah tangga. Kehidupan inilah yang nantinya dapat menyempurnakan ibadah.

Pendidikan anak dimulai dari proses hubungan suami-istri yang sangat berpengaruh kepada perkembangan janin. Mulai dari pemilihan hari, prosesi sebelum hubungan badan, hingga rentetan do'a yang perlu diucapkan pada saat itu. Juga do'a yang kemudian diistiqomahkan setiap hari salah satunya agar diberikan keturuan oleh Allah.

3. masa-masa kehamilan (Pre-Natal)

Dilihat dari timeline perkembangan janin, ada beberapa tahapan yang diberikan Allah dalam perkembangan si buah hati, mulai dari tahapan cairan hingga membentuk sempurna menjadi janin utuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan