Mohon tunggu...
Danang Wiryawan
Danang Wiryawan Mohon Tunggu... Content Writer

Seorang mahasiswa yang hobi menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Komunikasi Mempererat Nasionalisme

28 Juli 2020   01:01 Diperbarui: 28 Juli 2020   01:16 30 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komunikasi Mempererat Nasionalisme
Ilustrasi Komunikasi (sumber: kompas.com)

Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Komunikasi bisa menjadi salah satu media untuk mempererat dan memperkuat rasa nasionalisme di dalam diri kita.

Pada dasarnya komunikasi itu adalah media untuk berinteraksi antar makhluk hidup. Di Indonesia itu sendiri komunikasi itu sangat penting karena letak geografis Indonesia yang negara maritim atau negara yang tediri dari kepulauan. Dengan begitu Indonesia kaya akan berbagai macam budaya, suku, agama, dan bahasa.

Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerahnya seperti, Jawa, Sunda, Batak, dan masih banyak lagi. Untuk dapat mempersatukan berbagai macam bahasa, diperlukannya komunikasi yang baik antar daerah, yaitu dengan cara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar agar dapat dimengerti oleh seluruh seluruh rakyat Indonesia.

Alasan dipilihnya Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa karena Bahasa Indonesia itu mencerminkan budaya Indonesia yang tidak membeda-bedakan antar suku bangsa. Bahasa Indonesia digunakan sebagai cara berkomunikasi rakyat Indonesia dan juga sebagai identitas nasional.

Sikap kita agar lebih menghargai, menjaga, dan melestarikan budaya Indonesia ini, bisa dengan cara menggunakan dan berbicara dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Cara itu merupakan salah satu untuk menunjukkan dan menanamkan sifat dan rasa nasionalisme di dalam diri, lingkungan, dan negara.

Dengan berkomunikasi yang baik antar sesama masyarakat yang berbeda suku, kita jadi bisa lebih menghargai dan menghormati antar sesama rakyat Indonesia. Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan salah satu upaya untuk mempererat rasa nasionalisme.

Upaya berkomunikasi untuk mempererat nasionalisme dapat dilakukan juga dengan komunikasi media massa dan media sosial. Dengan adanya koran, televisi, radio, internet, ataupun yang lainnya kita juga dapat menyebarkan pesan positif untuk lebih mencintai negara kita dan pastinya menumbuhkan rasa nasionalisme.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x