Mohon tunggu...
Danang Wiryawan
Danang Wiryawan Mohon Tunggu... Content Writer

Seorang mahasiswa yang hobi menulis artikel

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

5 Tips agar Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

10 Juli 2020   17:57 Diperbarui: 10 Juli 2020   18:29 34 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips agar Percaya Diri Berbicara di Depan Umum
Microphone. dok.istimewa

Berbicara di depan umum atau public speaking terkadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Misalkan ketika harus melakukan presentasi di depan banyak orang atau ketika akan memberikan kata sambutan di sebuah acara. Karena tak jarang dari mereka merasakan demam panggung, nervous, panik, gelisah, dll. Itu semua karena kurangnya rasa percaya diri ketika akan berbicara di depan umum. Maka dari itu yuk ikuti tips berikut ini :

1. Atasi Rasa Malumu

Rasa malu pasti adalah alasan anda enggan untuk berbicara di depan umum. Maka dari itu ayo lawan rasa takut mu itu dengan menganggap bahwa orang yang di depan anda semua itu sama dan fokuslah sama materi yang ingin anda sampaikan. Anggap saja mereka semua adalah orang yang anda kenal sehingga anda akan jauh lebih santai dalam penyampaiannya dan tidak merasa tertekan ketika berbicara.

2. Latihan Selalu  

Sebelum anda tampil di depan umum, sebaiknya berlatih terlebih dahulu. Anda bisa latihan berbicara di depan cermin untuk melatih cara berbicara, intonasi suara, atau gestur tubuh dan carilah gaya yang sesuai dengan karakter anda supaya lebih nyaman. Semakin sering latihan maka kemampuan anda akan semakin baik dan semakin lancar, kalau sudah siap anda bisa mulai berlatih berbicara di depan sedikit orang seperti di depan keluarga atau teman anda sekalian melatih mental dan percaya diri sehingga anda terbiasa dan tidak canggung ketika berbicara di depan banyak orang. Jangan lupa untuk meminta saran, masukan, dan kritikan dari mereka untuk memperbaiki performa anda ketika berbicara di depan umum nantinya

3. Brace Yourself

Jika anda akan berbicara di depan umum, maka persiapkanlah diri anda sebaik mungkin. Seperti penampilan dan materi yang akan disampaikan. Pilihlah pakaian yang rapih dan sesuai, paling aman kenakanlah kemeja/pakaian berkerah. Kenali juga audience anda supaya dapat menyesuaikan dengan gaya dan cara penyampaiannya ketika berbicara di depan umum. Pahami dan kuasai materi yang akan disampaikan, jika anda sudah paham dengan materinya maka anda akan lebih rileks dan tidak terlihat gugup di depan umum karena bingung akan materi yang disampaikan. Dan fokuslah pada materi yang akan dibawakan.

4. Lakukanlah Kontak Mata dengan Audience 

Pada saat berbicara di depan umum sebaiknya anda lakukan kontak mata dengan orang yang anda ajak bicara. Pandangan anda harus fokus,jangan melihat kemana-mana karena itu memperlihatkan kalau anda sedang tidak percaya diri. Pilihlah titik pandang yang nyaman, sehingga anda dapat menumbuhkan kedekatan emosional dengan para audience. Tentukan tiga sudut pandang seperti di sebelah kiri, tengah, dan kanan supaya anda dapat menjangkau semuanya. Sehingga dapat memberi kesan bahwa anda menghargai orang yang diajak bicara.

5. Jangan Lupa Berdoa

Segala persiapan yang telah kamu lakukan akan lebih sempurna jika diakhiri dengan berdoa. Berdoa sebelum anda berbicara di depan umum membuat anda menjadi lebih tenang dan rileks akan ketakutan yang ada di pikiranmu. Selain itu,berdoa juga akan memberikan aura positif kepada diri anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x