Mohon tunggu...
Danang Hamid
Danang Hamid Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelance, father of three and coffee

Voice Over Indonesia Talent, Radio, Father of three and Black coffee

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Cuaca Ekstrim, Banyak Tiang Listrik Roboh di Kabupaten Tasikmalaya

4 November 2022   08:06 Diperbarui: 4 November 2022   08:48 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri: Petugas Berusaha Memindahkan Tiang dari Tengah Jalan

Hujan deras disertai angin kencang pada Kamis 3 November 2022, sekira jam 15.00 WIB mengakibatkan tumbangnya poohon albasiah dan menimpa kabel listrik yang kemudian berdampak pada robohnya sebuah tiang listrik yang berada persis di persimpangan Jalan Cisinga, Nyalindung, Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu,Kabupaten Tasikmalaya.

Robohnya tiang listrik tersebut sempat membuat panik dan rasa khawatir warga yang pada saat kejadian berada di sekitar lokasi.

"Alhamdulillah,nggak ada korban sih, tapi tadi sempat ada ibu-ibu yang panik juga berlarian kesana-sini. Saya pas kejadian ada di sini, kan saya jualan tiap hari. Ada dua kali percikan api," kata pedagang gorengan yang mangkal di parkiran toko Agni.

Petugas PLN berusaha mencopot kabel dari tiang listrik, dan berusaha memindahkan patahan tiang yang terbagi menjadi dua dan menutupi jalan antara simpang empat Nyalindung ke arah Ciponyo dan kemudian mereka pun berusaha memindahkan tiang listrik agar tidak menggangu lalu-lintas di kawasan tersebut. 

Karena robohnya tiang listrik tersebut otomatis memutus pasokan listrik ke beberapa kampung di sekitar desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu 

Dokpri: Evakuasi Tiang Listrik
Dokpri: Evakuasi Tiang Listrik
"Ya, kamis malam ini masyarakat terpaksa gelap-gelapan dan beberapa aktivitas yang tergantung terhadap pasokan listrik menjadi tersendat. Saya juga nggak bisa jualan malam ini, kan bikin kopi pakai mesin. Manual bisa sih, tapi gelap juga. Yang jelas lilin laku lah malam ini," Kata Iki Ardhian (27), warga sekitar yang berprofesi sebagai Barista.

Tidak hanya Iki yang terpaksa tidak berjualan di Kamis malam, para pedagang yang biasa mangkal di wilayah Galunggung pun terpaksa menutup warung-warungnya.

Dokpri: Kejadian sempat jadi tontonan warga
Dokpri: Kejadian sempat jadi tontonan warga

"Takut lah, kalau tetap jualan malam-malam dalam keadaan gelap, namanya di tempat seperti itu. Soalnya nggak bakal nyala malam ini juga saya kira, mudah-mudahan besok sudah bisa terpasang tiang penggantinya dan listrik sudah nyala lagi ke atas (daerah Galunggung)," kata pak Kumis (48), pedagang di area wisata Galunggung.

Kejadian ini juga sempat menjadi tontonan warga yang kebetulan melintas di jalan yang menghubungkan kota kecamatan Ciawi dan kota Kabupaten Tasikmlaya, Singaparna ini.

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian itu. Hingga selepas maghrib Sejumlah petugas dari PLN dibantu warga berusaha mengevakuasi sebuah tiang listrik yang ambruk menutup jalan dari dan ke arah Ciponyo, Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya ini. Terlihat polisi dari Polsek Sukaratu ikut berjaga-jaga dan berpatroli di tempat kejadian. Dampak dari cuaca ekstrem ini, diketahui telah ada belasan tiang listrik di wilayah Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis yang patah patah atau roboh sejak  Januari lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun