Danang Hamid
Danang Hamid karyawan swasta

Voice Over Indonesia Talent, Radio, Father of three and Black coffee

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Emosi Anda Tidak Stabil? Cobalah Atasi dengan Yoga!

30 November 2017   10:15 Diperbarui: 30 November 2017   11:26 1852 0 0
Emosi Anda Tidak Stabil? Cobalah  Atasi dengan Yoga!
Rini Dkk (Photo: Wisni Indarto WDrupadi) | dok.pribadi

Semua orang yang mau berolahraga cocok melakukan yoga, karena yoga bisa dilakukan bahkan hanya dengan mengatur teknik pernafasan saja, saat terbaring pun bisa dilakukan selama seseorang masih bernafas meski dengan bantuan orang lain. Beryogatidak kenal umur ada yoga kid dan untuk anak-anak berkebutuhan khusus sekalipun. begitu pun dengan ibu hamil da manula.

Bagi yang sudah merasakan manfaat yoga, olahraga yang satu ini menjadi semacam therapi dan cara menjaga kesehatan dengan manfaat yang tak perlu diragukan lagi.

"Dengan rutin melakukan yoga, stres berkurang, tubuh menjadi lebih rileks dan perasaan bisa lebih tenang dan nyaman," jelas Rini Trisnawati (38), Praktisi yoga asal Sukabumi. Ia mengaku sejak kenal yoga pada tahun 2010 dirinya mampu mengontrol emosi jauh lebih baik dibanding saat belum mengenal yoga.

Rini Dkk | dok.pribadi
Rini Dkk | dok.pribadi

Lima tahun menggeluti  olahraga yoga menjadikan Rini semakin mantap mendalami dan menguasai gerakan yoga "Intens-nya (latihan yoga) sih tahun 2012, dan 2015 baru saya mempersiapkan diri latihan dengan ikutan yoga secara formal di kelas yoga di Jakarta mengikuti pelatihan guru yoga" ucap perempuan beranak tiga ini. Dari sana ia memperdalam materi yoga dan sejak 2010 baru dirinya memberanikan diri dengan membuka kelas private di kediamannya di wilayah Karangtengah, Kabupaten Sukabumi.

Rini mengatakan, olahraga yoga adalah salah satu olahraga yang paling cocok untuk segala usia, bahkan anak-anak hingga manula bisa melakukannya,"Teruatama untuk lansia, sangat cocok olahraga ini, selain lebih sehat, kontrol emosi bisa lebih baik, kadang kan orang tua juga bisa lebih sensi" ungkapnya. Semua manusia memiliki masa transisi dalam hidupnya, masa tua adalah masa dimana bagi sebagian orang bisa lebih emosional dari sebelumnya, terlebih tentang cara pandang dalam melihat masalah akan berbeda, "Untuk itulah diperlukan ketenangan." imbuh instrukstur senam dan yoga yang sering melakukan kegiatan di Saung Yoga, Kebun Raya Bogor dan Organik Yoga Jakarta ini.

Pelatihan Karma yoga/ Seva yoga di Phalamartha, Cibadak | dok.pribadi
Pelatihan Karma yoga/ Seva yoga di Phalamartha, Cibadak | dok.pribadi

Rini yang ingin sekali berbagi pengalaman bersama Organik Yoga Jakarta ketika berbagi dengan anak jalanan ini mengatakan bahwa saat mengikuti yoga pertama kalinya, ada dua hal yang ia peroleh yaitu kebugaran dan kontrol emosi, "Karena lumayan menguras tenaga dan keringat, lama kelamaan pikiran rilex, lho koq bisa begini? saya ternyata bisa lebih kalem dan nggak grasak-grusuk," kata dia. Efek psikologis olahraga yoga ia dapat "Bathin saya lebih nyaman, tenang, " ungkap wanita yang menjalani profesi sebagai instruktur senam selam lebih dari satu dasawarsa ini. 

Kondisi fisik seseorang bisa diperbaiki dengan yoga, seperti scollosis atau bengkok tulang belakang bahkan menurutnya kanker sekalipun bisa disembuhkan,"walaupun tidak seratus persen, paling tidak memberikan dampak pada mental penderita, ia lebih positive thinking,jika mental baik kesehatan juga lebih baik kan?"

Tubuh manusia didesign untuk bergerak, maka lakukan pergerakan! selama seseorang masih mau bergerak dari berbagai kalangan dan usia, yoga adalah alternatif sehat, membantu penyembuhan dengan beberapa tekknik gerakan dan pernafasan karena dalam yoga tidak sekedar bergerak practise on the mattapi juga off the mat "Yoga  semacam itu gerakan sistem kehidupan, kelebihan itu yang tidak didapat dari olahraga lain."pungkas Rini yang men-subsituteketidak-hadirannya dalam kegiatan sosial di Jakarta dengan melakukan kegiatan sosial yang ia gagas sendiri diantaranya, Kelas Yoga di Phalamartha, Cibadak  dan Asrama para penyandang ODHA di Sukabumi.