Mohon tunggu...
Fristiar Dana Insani
Fristiar Dana Insani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Poliwangi

Sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Insiden Medis Dalam Laga Cadiz Kontra Barcelona, Nyawa Manusia di Atas Sepak Bola

20 September 2022   09:05 Diperbarui: 20 September 2022   09:11 132 6 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana tegang saat terjadi insiden medis di Stadion Neuvo Mirandilla. (Sumber: bola.kompas.com)


Pelatih Barcelona angkat bicara persoalan insiden medis yang terjadi ketika anak asuh nya melakoni lanjutan liga spanyol melawan Cadiz di Estadio Nuevo Mirandilla. Laga Cadiz vs Barcelona yang termasuk dalam pekan ke-5 Laliga, musim 2022-2023 berlangsung di markas Cadiz pada Sabtu (10/9/2022) malam wib. Insiden medis tersebut terjadi ketika pertandingan memasuki menit ke-82 kala itu, Barcelona yang tengah unggul atas Cadiz yakni 2-0 berkat sepasang gol dari Frenki De Jong (55') dan Robet Lewandowski (65'). Ketika insiden medis terjadi, kehebohan suporter tampak disalah satu titik tribun Stadion Nuevo Mirandilla.
         

Disana terdapat salah satu pendukung Cadiz yang pingsan sehingga perlu mendapatkan pertolongan pertama. Melihat kejadian itu, kiper Cadiz Jeremias Ladesma langsung bertindak membantu dengan berlari membawakan kotak medis yang berisi alat pacu jantung ke sisi tribun tersebut. Sementara itu pemain yang lain, yakni Jose Mari juga membantu tim medis untuk membawa tandu ke tribun guna mengevakuasi korban. 

Kala dokter dan tim medis tengah sibuk melakukan pertolongan pertama pada supporter Cadiz, laga pun di hentikan untuk sementara sebagaimana Respect yang dilakukan oleh kedua tim tersebut. Bahkan suasana menjadi tegang, tampak dari raut wajah pemain Cadiz nomor punggung 17 Awer Mabil dan respect ditunjukkan oleh club Barcelona yang dimana para pemainnya berdoa untuk kesembuhan pendukung Cadiz.

Kiper Cadiz berlari dengan membawa alat pacu jantung (
Kiper Cadiz berlari dengan membawa alat pacu jantung (

Sumber: bola.kompas.com)

Beberapa saat kemudian, pendukung Cadiz yang sempat pingsan berhasil di sadarkan kembali dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit. Lalu, pertandingan kembali di lanjutkan setelah sempat tertunda selama kurang lebih 45 menit. Ketika tim dokter turun dari Tribun,usai memberi pertolongan pertama, publik di Stadion Neuvo Mirandilla memberikan tepuk tangan atas kerja keras yang dilakukan  tim dokter dengan cepat memberikan pertolongan pertama pada insiden tersebut. Pertandingan dilanjutkan, tak lama kemudian, Barcelona mampu menambah gol lewat aksi pemain mudanya yaitu Ansu Fati pada menit ke-86 hingga mendekati akhir laga, Osmane Dembele sukses menjebol gawang Cadiz (90+2'). Mereka sukses mempertahankan skor hingga peluit panjang di bunyikan dan mengakhiri laga dengan skor telak 4:0. Seusai pertandingan, Xavi selaku pelatih Barcelona turut memberikan komentarnya terkait insiden medis yang terjadi, Xavi mengaku mendengar beberapa versi cerita yang menjadi penyebab dibalik insiden tersebut.

"Beberapa mengatakan bahwa dia jatuh dari tribun, sedangkan yang lain menyebut adanya ancaman serangan jantung." Kata Xavi

Terlepas dari kejadian itu, Xavi menegaskan bahwa nyawa manusia harus selalu menjadi prioritas. Menurut Xavi, pertandingan layak di berhentikan jika suatu musibah terjadi.

"Jika ada musibah, kami harus menangguhkan pertandingan, kita bicara tentang nyawa manusia dan itu di atas sepak bola." Ujar pelatih Barcelona itu.

"Untungnya tidak terjadi musibah yang menyebabkan kematian dan kami bisa bermain sepak bola." Tutur eks pemain Barcelona tersebut.
Cadiz berterima kasih atas sikap  teladan para penggemar di Tribun Selatan dalam situasi seperti ini, serta tim dokter, anggota keamanan dan Palang Merah atas tindakan cepat mereka sehingga insiden ini berakhir bahagia.

Selepas itu, Xavi memuji anak asuhnya serta memaparkan ungkap nya terkait hasil positif yang di raih club asal Spayol itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan