Mohon tunggu...
Dana FebriKartika
Dana FebriKartika Mohon Tunggu... Mahasiswi

You Only Live Once

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tanggulangi Covid-19, Ratusan Masker Dibagikan PMM-UMM Kelompok 97 di Desa Wosi, Manokwari

17 September 2020   21:21 Diperbarui: 17 September 2020   21:44 67 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanggulangi Covid-19, Ratusan Masker Dibagikan PMM-UMM Kelompok 97 di Desa Wosi, Manokwari
Selasa dan Rabu (15&16/9), pembagian masker kepada warga desa Wosi, Manokwari

Angka kasus Covid-19 yang terus meningkat mengharuskan warga untuk lebih berhati-hati dan selalu melindungi diri, salah satunya dengan setia memakai masker. 

Pada Selasa dan Rabu (15&16/09/20), Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 97 melakukan kegiatan pembagian masker kepada warga desa Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. 

Kegiatan ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di desa, yakni masih kurangnya perhatian warga untuk terus menggunakan masker dalam kesehariannya, sedangkan angka positif covid-19 di Kota Manokwari terus bertambah. 

"Waktu survei lapang turun ke desa, masih banyak juga mama-mama yang tidak memakai masker padahal mau pergi ke pasar. Makanya kita memutuskan membagikan masker gratis ke warga biar warga kalau keluar rumah bisa pakai masker." Ungkap Dana selaku ketua kelompok 97. 

Ratusan masker dibagikan oleh anggota kelompok 97 dari rumah ke rumah. Masker yang dibagikan merupakan masker kain yang dipesan pada salah satu penjahit di Kota Manokwari. 

Dilakukannya kegiatan pembagian masker ini mendapat sambutan baik dari warga desa karena warga merasa terfasilitasi dengan adanya pembagian masker ini. "Oh iya bagus sekali ada kegiatan pembagian masker ini. Warga jadi punya masker semua di rumahnya dan kemana-mana jadi bisa pakai masker." Ujar ketua RT saat kelompok menyampaikan rencana program kerja sekaligus pengajuan izin dilaksanakannya kegiatan PMM ini.

Dikutip dari Republika.ID, Juru Bicara Pemerintah Provinsi Papua Barat pada Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Arnoldus Taniap menyatakan jumlah angka positif Covid-19 untuk Kota Manokwari pada 31 Agustus 2020 tercatat sebanyak 103 kasus dari total 752 kasus tercatat di Provinsi Papua Barat. dr. Arnoldus Taniap juga mengatakan bahwa saat ini bukan lagi saatnya untuk hanya melakukan himbauan kepada warga, tetapi sudah harus memaksa warga untuk menerapkan protokol kesehatan.

Dibagikannya masker ini agar masyarakat lebih mudah untuk menggunakan masker dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli masker lagi karena masker yang dibagikan dapat dicuci ulang dan digunakan kembali. 

Masker yang dipesan diharapkan juga dapat menambah penghasilan penjahit di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu dengan dibagikannya masker ini juga sebagai bentuk kontribusi dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Manokwari.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x