Mohon tunggu...
Damanhuri Ahmad
Damanhuri Ahmad Mohon Tunggu... Penulis - Bekerja dan beramal

Ada sebuah kutipan yang terkenal dari Yus Arianto dalam bukunya yang berjudul Jurnalis Berkisah. “Jurnalis, bila melakukan pekerjaan dengan semestinya, memanglah penjaga gerbang kebenaran, moralitas, dan suara hati dunia,”. Kutipan tersebut benar-benar menggambarkan bagaimana seharusnya idealisme seorang jurnalis dalam mengamati dan mencatat. Lantas masih adakah seorang jurnalis dengan idealisme demikian?

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Syauqi, dari Kampoeng Roti Bandung ke Padang Pariaman Sentra Durian Musangking

1 Februari 2023   10:06 Diperbarui: 1 Februari 2023   10:14 410
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Syauqi, pemilik Kampoeng Roti Bandung yang sedang mengembangkan bibit durian musangking di Padang Pariaman. (foto dok pribadi)

Bibit durian musangking itu terus menyebar ke pelosok kampung yang ada di Padang Pariaman. Setelah sukses di semua nagari yang ada di Kecamatan Enam Lingkung, program Syauqi ini terus menyusup ke nagari tetangga. 

Selasa (31/1/2023), masyarakat Ladang Laweh, Sicincin berebut bibit durian itu. Langsung Syauqi yang hadir membagikan bibit itu. 

Tentu masyarakat yang mau dan bersungguh-sungguh menanamnya yang diberi bibit itu. "Padang Pariaman sentra durian musangking" sepertinya terwujud. 

10.000 bibit durian musangking ini dikembangkan di Padang Pariaman. Langsung dari Jawa bibit didatangkan Syauqi, pemilik Kampoeng Roti Bandung ini. 

Syauqi, pria kelahiran 1969 di Pakandangan ini sejak beberapa bulan belakangan, meluncurkan program unggulan, durian musangking. 

"Durian musangking adalah buah-buahan bernilai ekspor, dan sangat cocok di tanah daerah ini," kata dia. 

Tak sekaligus. Bertahap, tentunya perlu edukasi dan sosialisasi, sebelum bibit itu ditanam masyarakat. Hari ini, bibit itu dibagikan di Nagari Limpato Sungai Sariak. 

Ya, nagari yang bertetangga dengan Enam Lingkung, kampungnya Syauqi. Syauqi yang pernah jadi aktivis kampus dulunya, selalu punya ide yang tepat untuk membangun perekonomian masyarakat. 

Lewat pengembangan bibit durian musangking ini, Syauqi yang bakal calon anggota DPRD Sumbar ini ingin daerahnya jadi lirikan masyarakat lain. 

Ada sesuatu yang menarik buat orang luar datang ke Padang Pariaman. Ya, durian musangking, akan mampu mengundang selera orang untuk melihat dari dekat nantinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun