Mohon tunggu...
Damanhuri Ahmad
Damanhuri Ahmad Mohon Tunggu... Penulis - Bekerja dan beramal

Ada sebuah kutipan yang terkenal dari Yus Arianto dalam bukunya yang berjudul Jurnalis Berkisah. “Jurnalis, bila melakukan pekerjaan dengan semestinya, memanglah penjaga gerbang kebenaran, moralitas, dan suara hati dunia,”. Kutipan tersebut benar-benar menggambarkan bagaimana seharusnya idealisme seorang jurnalis dalam mengamati dan mencatat. Lantas masih adakah seorang jurnalis dengan idealisme demikian?

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Syamsu Arman, Wartawan yang Pernah Jadi Calon Ketua PWI Pariaman

3 November 2022   11:27 Diperbarui: 3 November 2022   11:33 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Syamsu Arman. (foto dok damanhuri)

Syamsu Arman, Kasi Pemerintahan Kecamatan Pariaman Timur, mantan wartawan Haluan meninggal dunia, Rabu (2/11/2022) sore. Innalillahi wa innailaihi rajiun.

Begitu Indra Sakti, mantan Sekda Pariaman menulis pesan di WAG PWI. Ya, Syamsu Arman banyak dikenal orang sebagai wartawan Haluan, meskipun dia seorang PNS.

Saya cukup kenal dan mengenal almarhum secara dekat. Rentang 2004 hingga 2008, saya mungkin wartawan yunior yang terbilang sangat dekat dengan dia.

Termasuk dengan wartawan senior lainnya di Piaman saya juga dekat. Saya ingin belajar banyak soal kewartawanan tentunya.

Sering saya sejalan dengan almarhum. Sampai saya dibawa ke rumahnya, dalam menjalani tugas kewartawanan di Piaman.

Sampai dia ikut maju jadi calon ketua PWI, setelah dia banyak diskusi dan dialog dengan saya.

Waktu itu, 2006 PWI Pariaman menggelar konferensi. Saya ketua panitia sekaligus pemegang mandat PWI, tetapi status ke-PWI-an saya masih anggota muda.

Konferensi saat itu termasuk yang meriah dan dinamika berjalan dengan sangat hangat. Sampai empat calon yang maju jadi calon ketua.

Syamsu Arman salah satunya. Saya yang ketua panitia mendukung semua calon yang maju. Tetapi, dalam konferensi saya belum punya hak untuk memilih dan dipilih. 

Pasca 2008, saya tak banyak komunikasi dengan almarhum. Dan Syamsu Arman terdengar dan terlihat tidak lagi mengisi Haluan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun