Mohon tunggu...
Damanhuri Ahmad
Damanhuri Ahmad Mohon Tunggu... Penulis - Bekerja dan beramal

Ada sebuah kutipan yang terkenal dari Yus Arianto dalam bukunya yang berjudul Jurnalis Berkisah. “Jurnalis, bila melakukan pekerjaan dengan semestinya, memanglah penjaga gerbang kebenaran, moralitas, dan suara hati dunia,”. Kutipan tersebut benar-benar menggambarkan bagaimana seharusnya idealisme seorang jurnalis dalam mengamati dan mencatat. Lantas masih adakah seorang jurnalis dengan idealisme demikian?

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Irigasi Tak Lancar, Lahan Sawah Beralih Fungsi

6 Juli 2022   00:06 Diperbarui: 6 Juli 2022   00:16 106 8 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ladang jagung masyarakat yang merupakan alih fungsi sawah ke ladang. (foto dok damanhuri)

Persoalan irigasi yang macet, membuat sebagian besar petani sawah di Batang Sariak, Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman beralih ke ladang.

Sawahnya yang dulunya ditanami padi, sejak dua tahun terakhir sudah berganti dengan ladang sawit, dan sebagian ladang jagung.

"Kini harga sawit pun belum normal. Kami merasa bingung di tengah hantaman melambungnya kebutuhan hidup saat ini," ujar petani saat kegiatan reses Dapil Bagindo Rosman Palito Rajo Endah ke Katapiang, Selasa (5/7/2022). 

Jadi, sebenarnya di Batang Sariak itu memang lahan untuk sawah pasnya. Sebab, pertumbuhan sawit tak bisa normal," ulas dia lagi.

Kondisi irigasi ini membuat lahan jadi alih fungsi. Ya, kalau sesuai harapan. Tentu tak masalah. Namun, kendala ladang dengan alih tanaman ini pun membuat petani kian terpuruk.

Besar harapan tertumpang pada Ketua Fraksi PAN DPRD Padang Pariaman Rosman, untuk bisa memberikan yang terbaik soal ini.

"Artinya, kami ingin kembali seperti sediakala, bersawah dengan menanam padi. Untuk itu, solusinya hanya satu, yakni perbaikan irigasi Anai I dan airnya lancar, bisa dinikmati oleh kita yang paling ujung bawah ini," harapnya.

Menanggapi hal itu, seorang PPL Pertanian Kecamatan Batang Anai menyebutkan, bahwa itu adalah kendala bersama.

"Soal irigasi, itu tentu kewenangan orang PUPR. Irigasi kecil dan saluran baru kewenangan PPL," ulas dia.

Menurutnya, sumber air Irigasi Anai I ini sangat besar. Namun, bila ditelusuri aliran ini sampai ke atas, banyak bolong, dan dilibangi untuk dialirkan ke lahan tertentu, diluar kewajiban irigasi itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan